Penerapan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Bilangan Dengan Media Kartu Angka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode bermain dalam meningkatkan hasil belajar siswa mengenai konsep bilangan dengan menggunakan media kartu angka pada tema Diriku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 37 siswa kelas 1 di SD Negeri Babakan 04 Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor. Sebelum intervensi, pretest dilaksanakan untuk mengukur pemahaman awal siswa tentang konsep bilangan. Selama enam pertemuan, siswa diajarkan melalui kegiatan bermain menggunakan kartu angka yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan minat belajar siswa. Setelah intervensi, posttest dilakukan untuk mengevaluasi perubahan hasil belajar.
Penelitian ini menunjukkan hasil dengan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa. Studi ini dilakukan pada tahap Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II. Pada tahap prasiklus, peneliti menemukan presentasi hasil belajar dengan KKM 70 pada fokus pembelajaran matematika. Ada peningkatan presentasi siswa yang melebihi KKM pada 5 siswa (14%), 14 siswa (38%), dan 32 siswa (86%) pada Siklus II. Menunjukkan bahwa penerapan metode bermain secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Temuan ini menunjukkan bahwa teknik bermain dengan kartu angka tidak hanya menyenangkan, tetapi juga membantu siswa memahami konsep bilangan dengan lebih baik. Dalam pengajaran matematika di tingkat dasar, penelitian ini menyarankan penggunaan strategi bermain sebagai alternatif. Ini akan membuat suasana belajar yang lebih interaktif dan menarik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.