Penggunaan Model Pembelajaran Pogil Berbantuan Kit Percobaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Siswa

Indonesia

Authors

  • Muhammad Andri Muzaqi Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ani Rusilowati Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Khumaedi Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Fisika merupakan cabang ilmu sains yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang fenomena alam secara sistematis, sehingga fisika bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan, oleh karenanya fisika memerlukan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Penilitian ini menerapkan model pembelajaran POGIL berbantuan kit percobaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses siswa. Penelitian dilaksanakan dengan metode eksperimen. Pengambilan sampling menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel karena jumlah populasi yang sedikit. Dari analisis data hasil belajar siswa dan keterampilan proses siswa didapat bahwa keduanya mengalami peningkatan. Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari thitung= 2,49. Nilai ini lebih besar dari ttabel= 1,99 dengan dk = 66 dan taraf signifikasi sebesar 5% yang berarti Ha diterima. Peningkatan keterampilan proses siswa dapat dilihat dari besar peningkatan nilai rata-rata melalui uji Gain didapatkan bahwa nilai gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,66 dan kelas kontrol sebesar 0,56. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah hasil belajar dan keterampilan proses siswa dapat ditingkatkan dengan pembelajaran model POGIL berbantuan kit percobaan pada pokok bahasan pemantulan cahaya.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Muzaqi, M. A., Rusilowati, A., & Khumaedi. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Pogil Berbantuan Kit Percobaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Siswa: Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 1–9. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/18459