MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD)

Authors

  • Gunawan Gunawan SD Negeri Duta Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2762

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Matematika, Student Team Achievment Division (STAD)

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengukur sejauh mana terjadi nya  peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi menghitung volume kubus dan balok di kelas VIA  SD Negeri Duta Pakuan Kota Bogor.

Ternyata  penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD)  dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIA SD Negeri Duta Pakuan. Hal ini terlihat dari  peningkatan persentase ketuntasan belajar peserta didik  sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD). Pada saat pra siklus ketuntasan belajar sebesar 45,16%  . Pada saat pembelajaran dirubah dengan menerapkan Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) maka nilai peserta didik  pada siklus 1 meningkat menjadi 61,29%  dan pada siklus 2 mencapai 87,10%

Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) yang digunakan guru dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, karena itu peneliti menyarankan agar penerapan model pembelajaran Kooperatif  Tipe Student Team Achievment Division (STAD) disosialisasikan dan digunakan dalam pembelajaran Metamatika di sekolah-sekolah di ling kungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.

References

BSNP. (2006). Kurikulum KTSP Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: BSNP.

Ahmadi, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terapadu. Jakarta: Prestasi.

Bloom, Benjamin S., etc. 1965. Taxonomy of Educational Objective: The Classification Of Educational Goal, Handbook Cognitive Domain. New York: Longmans, Green And Co.

Depdikbud. 1990. Pedoman Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depiknas

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Izzaty, Rita Eka, dkk. 2008. Perkembangan Peserta didik. Yogyakarta: UNY.

Karso, dkk. 2009. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Maidiyah. 1998. Metode Mengajar. Jakarta: Gramedia.

Muhsetyo, Gatot, dkk. 2009. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nasution. Andi Hakim. 1982. Teori Matematika. Jakarta: Bhratara Karya Akasara.

Slavin, Robert E. 1995. C.ooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bascon.

Slavin, Robert E. 2005. Building Community through Cooperative Learning. London: Allyn and Bascon.

Sofiraeni, Hj. Renny. 2004. Model-Model Pembelajaran. Bandung: LPMP.

Sumanto, Y.D, Heny Kusumawati, Nur Aksin. 2008. Gemar Matematika 6. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas.

W. Anitah, Sri, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wahyudin, H. Dinn, dkk. 2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K, Julaeha. S dan Marsinah. N. 2005. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta. Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K, Wihardi dan Nasution. N. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin. S, dkk. 2004 Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2020-01-10

How to Cite

Gunawan, G. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD). Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2762