PENINGKATAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI SEGI BANYAK DAN LUAS GABUNGAN BANGUN DATAR MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA BANGUN DATAR
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2765Keywords:
kreatifitas, alat peraga, hasil belajar siswa, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengukur kreatifitas dan hasil belajar siswa dalam materi luas segi banyak dan luas gabungan bangun datar di kelas VI SD Negeri Harjasari 2 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor tahun pelajaran 2018-2019 (2) mengetahui proses peningkatan kreatifitas dan hasil belajar siswa dalam materi luas segi banyak dan luas gabungan bangun datar di kelas VI SD Negeri Harjasari 2 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor tahun pelajaran 2018-2019. (3) mengetahui besarnya peningkatan kreatifitas dan hasil belajar siswa dalam materi luas segi banyak dan luas gabungan bangun datar di kelas VI SD Negeri Harjasari 2 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor tahun pelajaran 2018-2019.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan alat peraga pada materi luas segi banyak dan luas gabungan bangun datar di kelas VI di SD Negeri Harjasari 2 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor sebelum menggunakan alat peraga mempunyai nilai rata-rata 53,13 Pada saat pembelajaran diubah menggunakan alat peraga bangun datar, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 75,56 pada siklus I dan 82,64 pada siklus II. Ini berarti penggunaan alat peraga yang digunakan guru dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa.References
Muslihuddin (2011). Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah. Bandung Rizqi Press.
M. Khafid Kasri Gunanto (2008). Matematika Aktif untuk sekolah Dasar Kelas VI. Erlangga
Prof. Dr. Nana Syaodih Sukmadinata (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya Offset Bandung.
Mardalis ( 1995 ) Metode Penelitian, Bumi Aksara, Jakarta
Undang-Undang Repulik Indonesia Nomor 20 (2003), Sistem Pendidikan Nasional