MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGHITUNG PENJUMLAHAN DUA PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2773Keywords:
model pembelajaran kooperativ type NHT, hasil belajar siswa, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran NHT dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi penjumlahan dua pecahan berpenyebut tidak sama. (2) mengetahui proses peningkatan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dua pecahan berpenyebut tidak sama. (3) mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dua pecahan berpenyebut tidak sama.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analitik melalui Penelitian Tindakan Kelas, yaitu studi yang digunakan untuk mengumpulkan data, mendeskripsikan, mengolah, menganalisa, menyimpulkan dan menafsirkan data sehingga memperoleh gambaran yang sistematis.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together cocok untuk diterapkan pada materi penjumlahan dua pecahan berpenyebut tidak sama dalam pembelajaran Matematika. Diperoleh bahwa pada pra siklus hanya 43,18% atau 19 siswa yang nilainya di atas KKM yang ditetapkan, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 61,36% atau 27 siswa yang nilainya di atas KKM, dan pada siklus 2 menjadi 100% atau 44 siswa yang nilainya di atas KKM. Aktivitas guru menunjukkan bahwa pada siklus 1 secara umum sudah baik, namun dalam hal memotivasi siswa guru masih kurang optimal, sehingga siswa kurang aktif dan dalam mengikuti KBM. Kekurangan pada siklus 1 ini kemudian diperbaiki pada siklus 2 dan aktivitas guru pada siklus 2 secara umum sudah baik.References
A., Sastrawijaya., Pengembangan Program Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2001
Alipadie, Imansjah, Dikdaktik dan Metodik Pendidikan Usaha Nasional, Surabaya, Dian Aksara, 2004
Anuradha, Pembelajaran Kolaboratif, Jakarta: Bina Aksara, 2004
Asrori, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Bono, Edward de, Aplikasi Model Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2005
Covey, Stephen dalam Asrori, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Dimyati dan Moedjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Djahiri, Achmad Kosasih, Pengajaran Studi Sosial, Bandung: IKIP Bandung, 2002
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000
Handayani, Sri dan Sapir. 2009. Efektifitas Penerapan Strategi pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Strategi pembelajaran kooperatif (cooperative Learnig) Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Prestasi belajar dan Respon Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Malang. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE), No.1 Vol.2
Koentjaraningrat, Pengantar Antropologi, Jakarta: Aksara Baru, 2001
Mukhtar, Model Pembelajaran yang Berhasil, Jakarta: Nimas Multima, 2005
NK., Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bina Aksara, 2004
Purnomo, Doni, Taksonomi Bloom, Solo: UNS, 2010
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2003
Rifai, Achmad, dan Tri Anni, Chatarina, Psikologi Pendidikan.. Semarang: UNNES PRESS: 2009
Slameto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2003
Suparman, Atwi, Model-Model Pembelajaran Interaktif, Jakarta: STIA Press, 2001
Surakhmad, Winarno, Pengantar Interaksi Mengajar Belajar Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran, Bandung: Tarsito, 2000
Sutrisno, Leo, Quantum Learning dan Quantum Teaching, Jakarta: Gramedia, 2008
Suyono, Peserta Didik dan Prestasi belajar, Jakarta: Citra Kharisma Bunda, 2009
Wiryawan, Sri Anitah, Penerapan NumberHead Together dalam Pembelajaran Kelas, Jakarta: Rineka Cipta, 2000
Yasa, Doantara, Aktivitas dan Prestasi belajar, (http://ipotes.wordpress.com. Diakses 2 Pebruari