PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA (FISIKA) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SINGARAJA (Studi Kuasi Eksperimental Pada Pokok Bahasan Kalor dan Perpindahan Kalor)

Authors

  • Lalu Ria Suhardiman
  • Asep Saepul Hamdi

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v1i2.424

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan pengaruh metode pembelajaran inquiry dan metode pembelajaran konvensional terhadap keterampilan proses IPA dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan melibatkan 72 siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “The Post-Test Only Control Group Design”. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tes keterampilan proses IPA dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dalam dua tahap yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Berdasarkan analisis statistik, diperoleh hasil: Pertama, keterampilan proses IPA siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry lebih baik dibandingkan dengan keterampilan proses IPA siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Kedua, hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Ketiga, keterampilan proses IPA dan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry lebih baik dibandingkan dengan keterampilan proses IPA dan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2012-07-12

How to Cite

Suhardiman, L. R., & Hamdi, A. S. (2012). PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA (FISIKA) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SINGARAJA (Studi Kuasi Eksperimental Pada Pokok Bahasan Kalor dan Perpindahan Kalor). Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v1i2.424

Issue

Section

Artikel