PENGARUH BUDAYA HEDONISME TERHADAP TIMBULNYA VANDALISME SISWA SMK TRI DHARMA 3 DAN SMK YKTB 2 KOTA BOGOR

Authors

  • Ani Safitri

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v1i2.427

Abstract

Vandalisme merupakan respons negatif terhadap lingkungan fisik dan lingkungan buatan. Karena manusia pada hakekatnya dipengaruhi dan mempengaruhi lingkungan. Vandalisme dapat timbul pada diri seseorang karena faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi masalah psikologis, biotis dan genetik, sedang faktor eksternal meliputi lingkungan baik lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.Dalam penelitian ini variabel internal disumsikan konstan pengaruhnya bagi siswa.Variabel eksternal yang diteliti dibatasi pada lingkungan keluarga sebagai lingkungan primer dan lingkungan sekolah sebagai lingkungan sekunder, mengingat luasnya cakupan lingkungan masyarakat sebagai lingkungan tersier.Meskipun lingkungan masyarakat diakui berpengaruh sebagai variabel pengganggu (intervening variable) tetapi tidak dilakukan pengontrolan karena itu dianggap konstan.
Vandalisme dapat dilatarbelakangi baik oleh muatan psikologis, Sosiologis maupun muatan lingkungan pada setiap orang.Obyek penelitian ini diarahkan kepada remaja karena diasumsikan memiliki andil dalam perbuatan vandalisme.Lingkungan keluarga sebagai lingkungan primer dalam kehidupan remaja mengandung muatan psikologis, sosiologis maupun lingkungan.Demikian juga halnya sekolah sebagai lingkungan sekunder. Vandalisme merupakan perbuatan yang bersifat mengganggu bahkan merusak lingkungan fisik dan buatan di sekitarnya baik yang merupakan milik orang lain (private property) maupun milik umum (public ameneties). Vandalisme yang umumnya ditemui adalah mencorat-coret dinding, jembatan, halte bis, merusak fasilitas milik umum seperti telpon umum, bis, WC umum, taman dan sebagainya.
Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa hipotesis nol (H0) penelitian ini ditolak, yaitu Tidak Terdapat Pengaruh antara Budaya Hedonisme Terhadap Vandalisme Siswa di SMK Tri Dharma 3 dan SMK YKTB 2 Kota Bogor, dan menerima hipotesis alternatif (Ha) yaitu Terdapat Pengaruh antara Budaya Hedonisme Terhadap Vandalisme Siswa di SMK Tri Dharma 3 dan SMK YKTB 2 Kota Bogor.

Downloads

Published

2012-07-12

How to Cite

Safitri, A. (2012). PENGARUH BUDAYA HEDONISME TERHADAP TIMBULNYA VANDALISME SISWA SMK TRI DHARMA 3 DAN SMK YKTB 2 KOTA BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v1i2.427

Issue

Section

Artikel