HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENDIDIK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FUNGSI RESERSE BRIGADIR DI SPN PMJ

Authors

  • Amir Mahmudi
  • Yanuardi .

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v4i1.471

Abstract

Rumusan masalah penelitian sebagai berikut : 1). Apakah terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal pendidik denganhasil belajar peserta didik?, 2). Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik?, dan 3).Apakah terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal pendidik dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik?. Uji hipotesis pertama diperoleh koefisien korelasi ry.1 = 0,648, dengan thitung = 22,094 > (ttabel = 1,658 pada ? = 0,05 dan ttabel = 2,326 pada ?= 0,01). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 terima, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Komunikasi Interpersonal (X1) dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse (Y) dengan katagori kuat. Kontribusi Komunikasi Interpersonal (X1) dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse (Y) dihitung berdasarkan koefisien determinasi yaitu r2 = (ry.1)2 = 0,42. Variabel Komunikasi Interpersonal membentuk kontribusi sebesar 42% dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse. Uji hipotesis kedua diperoleh koefisien korelasi ry.2 = 0,717 dan thitung = 13,926 > ttabel (ttabel = 1,658 pada ? = 0,05 dan ttabel = 2,326 pada ? = 0,01). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, terdapat hubungan positif yang signifikan antara Motivasi Belajar (X2) dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse (Y) dengan katagori kuat. Kontribusi Motivasi Belajar (X2) dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse (Y) dihitung berdasarkan koefisien determinasi yaitu r2 = (ry.2)2 = 0,514. variabel Motivasi Belajar membentuk kontribusi sebesar 51,4% dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse (Y). Uji hipotesis ketiga diperoleh koefisien korelasi ry.1.2 = 0,719 dan Fhitung = 51,903 > (Ftabel = 3,94 pada ? = 0,05 dan ttabel = 6,90 pada ? = 0,01). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Komunikasi Interpersonal (X1) dan Motivasi Belajar (X2) secara bersama-sama dengan Hasil Belajar (Y), dengan katagori kuat. Kontribusi Komunikasi Interpersonal (X1) dan Motivasi Belajar (X2) secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse (Y) dihitung berdasarkan koefisien determinasi yaitu r2 = (ry.1.2)2 = 0,517 Variabel Motivasi Belajar membentuk kontribusi sebesar 51,7% dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse (Y).

Downloads

Published

2015-07-14

How to Cite

Mahmudi, A., & ., Y. (2015). HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENDIDIK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FUNGSI RESERSE BRIGADIR DI SPN PMJ. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v4i1.471

Issue

Section

Artikel