Penerapan Model Pembelajaran Kooperatife STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Armiyati .

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v5i1.485

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara penulis, observer, dan subjek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ipa pada siswa kelas VI melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD). Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VI di Sekolah Dasar Negeri Balandongan yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2015/2016.Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai hasil belajar pada tes awal sebesar 29,17%, siklus I pertemuan 1 nilai sebesar 37,50%, dan siklus I pertemuan 2 nilai sebesar 62,50 %, sedangkan siklus II memperoleh nilai 83,3 %, peningkatan hasil belajar dari siklus I dan siklus II sebesar 46 %. Hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata pada tes awal sebesar 50 kategori “C” kualifikasi “Cukup Berkualitas”, siklus I pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata sebesar 60,80 kategori “B” kualifikasi “Berkualitas”, siklus 1 pertemuan 2 memperoleh nilai 68,30 katagori “B” kualifikasi “Berkualitas”, sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata 73,00 kategori “B” kualifikasi “ Berkualitas”, peningkatan hasil belajar dari siklus I dan siklus II sebesar 11,70. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan Model Pembelajan Student Teams Achievement Divisions (STAD). dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas VI di Sekolah Dasar Negeri Balandongan Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Selain itu, model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan kerjasama, ketelitian, dan disiplin siswa dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2016-07-17

How to Cite

., A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatife STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v5i1.485

Issue

Section

Artikel