HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SDN BOJONGKIHARIB KECAMATAN CIGOMBONG KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Kurtubi .
  • Zainal Abidin Arief

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v5i1.488

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar IPA peserta didik di SDN Bojongkiharib kelas VI rendah. Beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar IPA tersebut adalah penggunaan media audio visual dan kreativitas siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara persepsi siswa terhadap penggunaan media audio visual dengan hasil belajar IPA di SDN Bojongkiharib kelas VI; (2) hubungan antara kreativitas siswa dengan hasil belajar IPA di SDN Bojongkiharib kelas VI; dan (3) hubungan antara persepsi siswa terhadap penggunaan media audio visual dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar IPA di SDN Bojongkiharib kelas VI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara persepsi siswa terhadap penggunaan media audio visual (X1) dengan hasil belajar IPA (Y) yang memiliki persamaan regresi ? = 3,287 + 0,144 X1 dengan koefisien korelasi ry1 = 0,472. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah 22,3%, yang dapat ditafsirkan bahwa variabel bebas X1 (persepsi siswa terhadap penggunaan media audio visual) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 22,3% terhadap variabel Y (hasil belajar IPA) dan 77,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X1; (2) terdapat hubungan positif antara kreativitas siswa (X2) dengan hasil belajar IPA (Y) yang memiliki persamaan regresi ? = -2,907 + 0,217 X2 dengan koefisien korelasi ry2 = 0,538. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah 29%, yang dapat ditafsirkan bahwa variabel bebas X2 memiliki pengaruh kontribusi sebesar 29% terhadap variabel Y dan 71% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X2; dan (3) terdapat hubungan positif antara persepsi siswa terhadap penggunaan media audio visual (X1) dan kreativitas siswa (X2) dengan hasil belajar IPA yang memiliki persamaan regresi Y ?= -10,719 + 0,131X1 + 0,208X2 dengan koefisien korelasi Ry12 = 0,635. Koefisien determinasi antara variabel bebas (X1 dan X2) dengan variabel terikat (Y) didapat sebesar 0,404. Hal ini menunjukkan bahwa 40,4% hasil belajar IPA dapat dipengaruhi secara bersama-sama oleh variabel persepsi siswa terhadap penggunaan media audio visual dan kreativitas siswa, dan 59,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X1 dan X2.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, hasil belajar IPA dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan secara bersama-sama persepsi siswa terhadap penggunaan media audio visual dan kreativitas siswa.

Downloads

Published

2016-07-17

How to Cite

., K., & Abidin Arief, Z. (2016). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SDN BOJONGKIHARIB KECAMATAN CIGOMBONG KABUPATEN BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v5i1.488

Issue

Section

Artikel