Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar SHKK (Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja) (Studi Korelasi Pada Peserta Didik Kelas X Akomodasi Perhotelan di SMKN 1 Bojo

Authors

  • Arika Qurotu Ainin
  • Didin Saefuddin

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v5i1.491

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode studi korelasi. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 32 peserta didik yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik uji Prasyarat Analisis Data dan Uji Hipotesis.
Data dalam penelitian ini untuk variabel Hasil Belajar SHKK (Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja) (Y) diambil melaluli tes soal SHKK (Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja) pilihan ganda A, B, C, D,dan E yang terdiri dari 30 butir soal. Untuk Variabel Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer (X1) dan Motivasi Belajar (X2) diambil data melalui non tes berupa angket yang terdiri dari masing-masing 30 butir pernyataan yang menggunakan skala Likert S = Selalu, SR = Sering, K = kadang-kadang, TP = Tidak pernah. Berdasarkan pengolahan data diperoleh (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer (X1) dengan hasil belajar SHKK (Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja) (Y) dengan koefisien korelasi ry1 = 0.491 dan persamaan regresi ? = 5,008 + 0,173 X1. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar SHKK (Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja) (Y) dengan koefisien korelasi sebesar ry2 = 0.576 dan persamaan regresi? = 9,02 + 0,138 X2. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer (X1) dan motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar SHKK (Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja) (Y) dengan koefisien korelasi ry12 = 0.652 dengan persamaan regresi ? = 1,717 + 0.116 X1 + 0.110 X2. Dengan demikian dapat disimpulkan (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan XMedia Pembelajaran Berbantuan Komputer dengan hasil belajar SHKK (Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja) (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar SHKK (Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja), (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar SHKK (Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja).

Downloads

Published

2016-07-17

How to Cite

Qurotu Ainin, A., & Saefuddin, D. (2016). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar SHKK (Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja) (Studi Korelasi Pada Peserta Didik Kelas X Akomodasi Perhotelan di SMKN 1 Bojo. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v5i1.491

Issue

Section

Artikel