HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI DI SDN PARUNG 01 KECAMATAN PARUNG KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Neneng Hernawati

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.510

Abstract

Penelitian ini merupakan korelasional untuk menguji hubungan antara pesespsi Siswa Tentang Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Kelas VI di SDN Parung 01 Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis korelasional sampel dalam penelitian ini terediri dari 40 yang dipilih dengan random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Data dalam penelitian ini diambil melalui instrumen tes dan non tes. Berdasarkan hasil pengolahan data diproleh koefisien determinasi antara variabel bebas (X1 dan X2) dengan variabel terikat (Y) sebesar 0,740 ini menunjukkan bahwa 54,8% Hasil Belajar IPA dapat dipengaruhi secara bersama-sama oleh variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengelola pembelajaran dan motivasi belajar.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien ganda (Ry12) sangat signifikan pada a=0,05 dan pada a = 0,01.

Downloads

Published

2017-07-17

How to Cite

Hernawati, N. (2017). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI DI SDN PARUNG 01 KECAMATAN PARUNG KABUPATEN BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.510

Issue

Section

Artikel