PEMANFAATAN APLIKASI BENIME SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MUFRODAT KELAS VII MTsN PASIR LAWAS
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5810Keywords:
Benime, Mufrodat, Pasir LawasAbstract
Pada saat sekarang penggunaan sebuah media yang seharusnya dipakai oleh para pengajar dalam mengajar ialah sebuah media yang mendasar pada teknologi, mudah di akses serta bisa menarik perhatian si pelajar, terutama pada pelajaran yang umumnya jarang diminati oleh pelajar sekarang seperti pelajaran bahasa arab, dimana kebanyakan para pelajar menilai bahwa pelajaran ini tidak mudah apalagi harus menghafal mufrodat dengan cara yang biasa, apalagi pada pelajar tinggat menengah. Hal ini dipengaruhi oleh para pelajar yang senang dan lebih banyak menggunakan gadget pada proses pembelajaran mereka. Sehingga para pengajar dituntut harus bisa mengkreativitaskan cara, metode dan juga media sebagai penunjang dalam proses pembelajaran khusus nya pada pelajaran bahasa arab. Oleh sebab itu pada tulisan atau artikel ini akan dibahas mengenai pemanfaatan aplikasi benime sebagai penunjang pelajaran mufrodat kelas VII MTsN Pasir Lawas.References
Idria Maita, 2Zarnelly, 3Arabiatul Adawiyah. (n.d.). PEMBELAJARAN INTERATIF BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID. 6227-15176-3-PB
Afan Faizin. (2020). Narrative Research; a Research Design. Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(3), 142–148. https://doi.org/10.33752/disastri.v2i3.1139
Arfandi, A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pai Di Sekolah. Edupedia, 5(1), 65–77. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i1.882
Ayu, I. G., & Budiasih, N. (n.d.). METODE GROUNDED THEORY DALAM RISET KUALITATIF. 19–27. 10869-1-19972-1-10-20141030
Efriani, E., Dewantara, J. A., & Afandi, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Discord Sebagai Media Pembelajaran Online. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 61–65. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.283
Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312
Gani Hamdi, K. (2011). Membangun Aplikasi Berbasis Android "Pembelajaran Psikotes” Menggunakan App Inventor. Jurnal Dasi, Vol. 12(4), 37–38. 177613-ID-membangun-aplikasi-berbasis-android-pemb
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225–233. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924
Helmanto, F. (2020). Flashcard: Belajar Mufrodat Bahasa Arab Semakin Menantang. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 141. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.3091
Hijriyah, U. (2018). Analisis Pembelajaran Mufradat dan Struktur Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah.
Holimi, M. (2019). PEMBELAJARAN MUFRODAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR Muhammad Holimi, M.Pd.I. Muhadasah:Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 86–102.
Kalsum, T. U., Suryana, E., & Nopitasari, V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Smartphone Android. Jurnal PADAMU NEGERI (Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Eksakta), 1(1). https://doi.org/10.37638/padamunegeri.v1i1.118
Kesuma, 1Mezan el-Khaeri, Kesuma, 2Guntur Cahaya, & Saputra, 3Dani. (n.d.). RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOSA KATA (MUFRODAT) BAHASA ARAB BERBASIS GAME ANDROID. 389-Article Text-1295-1-10-20210828
Kulsum, S., & Husnul, S. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran , Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181
Language, A., Vol, E., Analisis, A., Media, P., Untuk, V., Mufradat, P., Mahasiswa, O., Pendidikan, M., Arab, B., Sunan, U. I. N., Yogyakarta, K., Laili, N., Uin, H., Kalijaga, S., Email, Y., & Tidak, P. (2021). ANALISIS PEMBUATAN MEDIA VISUAL UNTUK PEMBELAJARAN MUFRADAT OLEH MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. 2(2), 90–102. document(2)
Literate, S., & Indonesia, J. I. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MUFRADAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI DAYAH DI KOTA BANDA ACEH, 274–282. 228448149
Maghfiroh, L., & Pekalongan, I. (n.d.). Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Permainan SpinBoard. pembelajaran_bahasa_arab_mufrodat_dengan_media_permainan_teka-teki_silang20191207-116496-j6k8fg-with-cover-page-v2
Moch Aris Andika, M. (2019). Permainan "JENGA” Sebagai Media Pembelajaran Mufrodat Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Luqman Al-Hakim Batu. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 254–261.
Ngafifi, M., & Ngafifi, M. (n.d.). KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA. 3, 33–47. 2616-7080-1-SM
Noveandini, R., & Wulandri, M. S. (2010). Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online ( E-Learning ) Bagi Wanita Karir Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa / I Sekolah Dasar. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 2010(Snati), 71–74. https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/1865/1641
Qomaruddin, A. (2017). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradćt. Jurnal Kependidikan, 5(1), 25–36. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1240
RANIA RIZQIYANI. (2006). Permainan Tebak Kata Sebagai Media Pembelajaran Mufrodat. Permainan Tebak Kata Sebagai Media Pembelajaran Mufrodat, 01.
Rofifah, D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF "MUFRODAT” PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB KELAS 3 SEKOLAH DASAR ISLAM MIFTAHUL ULUM KEDIRI. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Sebayang, F. A. A., Saragih, O., & Hestina, H. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online untuk Meningkatkan Pembelajaran Mandiri Di Masa New Normal. Pelita Masyarakat, 2(1), 64–71. https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v2i1.4222
Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946
SHOLIHAH, S. (2018). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Mufrodat. Tarling : Journal of Language Education, 1(1), 62–76. https://doi.org/10.24090/tarling.v1i1.1122
Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929
Syaiful, R., Wahid, M., & Ega, T. B. (2014). 137 Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 137–145.
Tashikawa, I. (n.d.). Evolusi perkembangan teknologi informasi. EVOLUSI-PERKEMBANGAN-TEKNOLOGI-INFORMASI-with-cover-page-v2
Utami, R. R., Muhafidhoh, S., & Sari, U. A. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab ( Mufrodat ). 4, 253–258. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/download/1094/426/.
Wijayanti, R., & Hasan, B. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Whiteboard Animation. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 2407–8840. garuda1473315