PENERAPAN KURKULUM DARURAT UNTUK PENGEMBANGAN MOTIVASI BERPRESTASI AKADEMIK PADA SISWA SMA X JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5842Keywords:
Key-words, emergency curriculum, performance motivation, academic performance.Abstract
ABSTRAK
Penelitian mengenai kurikulum darurat dalam pendidikan masih tetap relevan dengan kondisi pandemic covid 19 saat ini. Penelitian ini hendak mengkaji mengenai penerapan kurikulum darurat dalam kaitannya dengan motivasi berprestasi dan prestasi belajar pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner yaitu kuesioner kurikulum darurat,dan motivasi berprestasi. Selain itu, pengambilan data juga dilakukan dengan melihat data dokumentasi dari nilai rapor. Kedua alat ukur kesioner diuji coba (try out) dan telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Adapun jumlah partisipan (subjek) yang terlibat dalam penelitian sebanyak 43 orang. Teknik analisis data dengan teknik uji korelasi dan regressi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran penerapan kurikulum darurat terhadap pengembangan motivasi berprestasi pada peserta didik. Namun demikian, tidak ditemukan hubungan antara penerapan kurikulum darurat dengan prestasi belajar. Tidak ditemukan hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar.
Kata-kata kunci: kurikulum darurat, motivasi berprestasi, prestasi belajar.
ABSTRACT
Research on the emergency curriculum in education is still relevant to the current state of the COVID-19 pandemic. This study aims to examine the implementation of the emergency curriculum in relation to achievement motivation and learning achievement in high school students. This study uses a quantitative approach. Collecting data by distributing questionnaires, namely the emergency curriculum questionnaire, and achievement motivation. In addition, data collection is also done by looking at the documentation data from report cards. Both questionnaires were tested (try out) and have met the validity and reliability tests. The number of participants (subjects) involved in the study were 43 people. The data analysis technique is using a simple correlation and regression test technique. The results of the study indicate that there is a role for implementing the emergency curriculum on the development of achievement motivation in students. However, no relationship was found between the implementation of the emergency curriculum and learning achievement. There is no relationship between achievement motivation and learning achievement.
Key-words: emergency curriculum, performance motivation, academic performance.
References
DAFTAR PUSAKA
Afia, N. (2008). Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam menigkatkan prestasi belajar siswa SMA Negeri Kandangan Kediri. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Program Pendidkan Agama Islam UIN Malang.
Averoes, M. (2011). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar mahasiswa. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, Jurnal Kependidikan 6 (2).165-175. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654.
Gusnanto, H. A. (2013). Pelaksanaan kurikulum dalam peningkatan prestasi siswa. Skripsi. Surakarta: Fakultas Agama Islam Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Haryani, R & Tairas, M.M.W. (2014). Motivasi berprestasi pada mahasiswa berprestasi pada keluarga yang tidak mampu secara ekonomi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3 (1), 30-36.
Hermawan, A. H & Andriyani, D. (Tanpa tahun). Hakikat kurikulum dan pembelajaran. Modul. Jakarta: Universitas Terbuka.
Indarti, Prayitno, W. & Tarmoko, A. H. (2016). Pemanfaatan Internet untuk pembelajaran Internet Modul Guru Belajar. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Junaidi, A at al. . (2020). Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Di Era Industri 4.0 Untuk mendukungMerdeka Belajr Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Jusuf, H., Nurdin Ibrahim, & Atwi Suparman. (2021). Development of Virtual Learning Environment Using Canvas To Facilitate Online Learning. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 153-167. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i2.22240.
Kanten, P.,Gümüştekin,& Kanten, S. (2017). Exploring the Role of A, B, C and D Personality Types on IndividualsWork-Related Behaviors and Health Problems: A Theoretical Mode. International Journal of Business and Management Invention, 6 (7),29-37. www.ijbmi.org.
Keppres No. 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19
Kepress No. 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non-alam Penyebaran Corona Virus (Covid-19) Sebagai Bencana Nasional.
Keputusan Menteri Pendidikan Republik Indonesia No. 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus.
Lismayana (2019). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 3 Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Bandar Lampung.
McClelland, D. C., Atkinson, J. W., Clark, R. A., & Lowell, E. L. (1953). The achievement motive. New York: Appleton Century-Crofts.
McClelland, M, at al (2018). Self-regulation. In N. Halfon et al. (eds.). Human development and Family Science. Handbook of life Course Health Development.DOI 10.1007/978-3-319-47143-3_12
Magdalena, I., Anggraeni, R. W., & Salsabillah, S. (2021). Efektivitas Penerapan Desain Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 di SD Islam Yakmi. PANDAWA, 3(3), 468-480. https://doi.org/10.36088/pandawa.v3i3.1401.
Mukaromah, N. (2017). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar mata pelajaran agama Islam Siswa SMK Gadjah Mada Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Inten Bandar Lampung.
Manab, A. (2016). Memahami regulasi diri: Sebuah tinjauan konseptual. Psychlogy Forum, Seminar Asean The 2nd Psychology and Humanity. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang.
Marasmita, D. (2019). Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis google classroom untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas x di SMA Negeri 1 Nogosari. Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Muijs, D & Bhokeve, C. (2020). Metacognition and Self-Regulation: Evidence Reviews. England: University of Southantom.
Mushtaq, I & Khan, S. N (2012). Factors Affecting Students' Academic Performance. Global journal of management and bussiness research, 12 (9), 17-22.
Nugroho, R.W. (2018). Pengaruh regulasi diri terhadap ego depletion pada mahasiswa. Skripsi. Semarang: Program Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang,
Pratma, G & Fallah, S. (2021). Hubungan antara persepsi siswa tentang pemanfaatan LKS dan kemandirian belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10 (1), 18-25.
Putriana, C & Noor, L. M (2019). Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Rahmawati, S. Efektifitas kurkulum darurat covid 19 terhadap ketuntasan hasil belajar pendidikan agama islam pada siswa kekas VIII di SMP Negeri 1 Sumberejo Bojonegoro. Skripsi. Surabaya: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Anpel. 2021.
Rohman, M. (2015). Teori Belajar dan Motivasi. Penataran dan Lokakarya Peningkatan Ketrampilan Dasar Teknik Intruksional. Semarang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Universitas Negeri Semarang.
Sanjaya, Bangkit dan Rastini, . Implementasi kurikulum darurat di masa pandemi cobid 19 dalam upaya pemenuhan hak pendidikan. Jurnal of Indonesia Law (JIL), 1 (2) (2021), 161-171. Website: https://e-journal.iainsalatiga.ac.id/index.php/jil/index .
Schunk, D. H. (1995). Self-efficacy, motivation, and performance. Journal of Applied Sport Psychology, 7(2), 112-137.
Setyowati (2007). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas vii SMP N 13 Semarang. Skripsi. Semarang:Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Salsanila, A & Puspitasari (2020). Faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar siswa sekolah dasar. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2 (2), 1-10.
Shahzadi, E & Zahoor Ahmad, Z. (2011). Study of academic performance of university student. Proceeding of 8th International Conference on Recent Advances in Statistic, 255-268.
Surat Edaran Mendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang pencegahan covid 19 pada satuan pendidikan.
Surat Mendikbud 46962/MPK.A/HK/2020 tentang ,tentang pembelajaran secar daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan virus covid 19 di perguruan tinggi.
Sugiyanto (tanpa tahun). Pentingnya motivasi berprestasi dalam mencapai keberhasilan akademik siswa. Sumber: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/sugiyanto-mpd.pentingnya-motivasi-berprestasi-dalam-mencapai-keberhasilan-akademik-siswa.pdf (uny.ac.id).
Waspodo, M. (2020). Pembelajaran daring selama masa pandemic covid 19. Jakarta: Puslitjak, Puslitbang dan Perbukuan, Kemendikbud RI, 2020.