PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN TENTANG NILAI-NILAI PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5892Keywords:
Mutlimedia Interaktif, Pancasila, Nilai-nilai PancasilaAbstract
Penggunaan media pembelajaran interaktif dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran dalam hal pencapaian tujuan pembelajaran dan pencapaian dampak pengiring. Salah satu yang dapat dilakukan ialah mengembangkan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila. Rumusan dalam tulisan ini ialah: bagaimana pembuatan media pembelajaran interaktif untuk mengembangkan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila?. Sedangkan tujuan penulisan ialah untuk mengetahui pembuatan media pembelajaran interaktif dalam mengembangkan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila. Metode penelitian menggunakan model waterfall melalui fase analysis, design, implementation, testing dan maintenance, yang didukung oleh teknik studi pustaka dan survei. Hasil penelitian diketahui bahwa pembuatan media ini melalui tahapan praproduksi, produksi, dan pascaproduksi dengan hasil pengujian sangat layak untuk digunakan.References
Buku
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Dwi Surjono, Herman. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.
Kaelan. 2001. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Kusuma, RM. A.B.. 2009. Lahirnya Undang-Undang Dasar 1945. Jakarta: BP FH UI.
Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. 2015. Modul Pancasila: Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Pemahaman Hak Konstitusional Warga Negara. Jakarta: Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
Santosa, K.O., 2005. Paradigma Baru memahami Pancasila dan UUD 1945: Sebuah Rekonstruksi Sejarah atas Gagasan Dasar Negara RI, Konsensus Nasional dan Demokrasi di Indonesia. Bandung: Sega Arsy.
Sapriya. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Agama.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Artikel jurnal
Bassil, Youssef. 2012. A Simulation Model For The Waterfall. International Journal of Engineering & Technology, Vol. 2, No. 5.
Cheng, Gary. 2009. Using Game Making Pedagogy to Facilitate Student Learning of Interactive Multimedia, Australasian Journal of Educational Technology, Vol. 25, No. 2, pp. 204-220.
Qosyim, Ahmad dan Ferit Very Priyonggo. 2018. Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Flash untuk Materi Sistem Gerak pada Manusia Kelas VIII, Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, Vol. 2, No. 2, pp. 38-44.
Tarigan, Darmawaty dan Sahat Siagian. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Ekonomi, Jurnal Teknologi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 2, pp. 187-200.
Warsita, Bambang. 2011. Landasan Teori dan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran, Jurnal Teknodik, Vol. XV, No. 1, pp. 84-96.