ANALISIS SOAL BUATAN GURU BAHASA INDONESIA BERDASARKAN TAKSONOMI THE STRUCTURE OF THE OBSERVED LEARNING OUTCOME (SOLO) SISWA KELAS XI SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5997Abstract
Penelitian ini bertujuan buat menggambarkan Analisis Soal Buatan Guru Bahasa Indonesia Berdasarkan Taksonomi The Structure of The Observed Learning Outcome (SOLO) Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Subjek pada penelitian ini merupakan pengajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI. Objek dalam penelitian ini merupakan buah soal akhir semester gasal bahasa Indonesia sebesar 40 buah soal. Metode peneliitian ini merupakan naratif menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data merupakan deretan buah soal protesis guru bahasa Indonesia kelas XI. Intrumen penelitian berupa tes objektif pilihan ganda menggunakan 5 alternative jawaban. Hasil analisis data diketahui bahwa analisis soal protesis pengajar bahasa Indonesia kelas XI pasa level unistruktural 7,5%, level multistruktural 20%, level relasional 20% level abstrak diperluas 40%, sebagai akibatnya 87,5% buah soal atau pertanyaan yg dibentuk sang pengajar bahasa Indonesia kelas XI telah memenuhi ke empat kategori taksonomi SOLO. Namun, demikian Analisis Soal Buatan Pengajar Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Sudah baik dan memenuhi kategori Taksonomi The Structure of The Observed Learning Outcome (SOLO) sebagai akibatnya bisa segara diuji coba pada siswa buat mengetahui taraf pemahaman mereka selama mengikuti pembelajaran.
Kata Kunci : Analisis, Soal Buatan Guru, Taksonomi SOLO.
References
Akhaidah, Sabarti. 1998. Evaluasi Dalam Pengajaran Bahasa. Jakarta: Dapertemen Pendidikan dan Kebudayan
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara
Krapp, Peter dan Megan Watkins. 2005. Genre, Teks, Grammar; Technologies for Teaching and Assessing Writing, Sydney: University of New Siuth Wales Press
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta Momo Morteza, 2009, "Teori Belajar Kognitif”, (http://hasanahworld.wordpress.com), diakses tanggal 5 November 2012.
Pusat Bahasa departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia,
(Jakarta: Balai Pustaka, 2005), Edisi ke-3 cet.3, h.1125
Purwanto, M. Ngadim. 2013. Prinsip- prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Wau, Yasaratodo. 2018. Profesi Kependidikan. Medan: UNIMED PRESS
Asep Saeful Hamdani, M.Pd, "Penggabungan Taksonomi Bloom dan taksonomi
SOLO Sebagai Model Baru Tujuan Pendidikan”, Kumpulan Makalah
Seminar Pendidikan Nasional, (Surabaya : Fak.Tarbiyah IAIN, 2008), h.3
Drs. Asep Saepul Hamdani, M.Pd. 2012. "Taksonomi Bloom dan SOLO untuk
Menentukan Kualitas Respon Siswa terhadap Masalah Matematika”.
(http://penerbitcahaya.wordpress.com) diakses tanggal 5 November 2012.
Dwi Lestari, Budiyono dan Dita Yuzianah, "Deskripsi Soal Ujian Nasional Matematika Sma Tahun Pelajaran 2018/2019 Bedasarkan Taksonomi Solo”, (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 2020. On-Line, tersedia di:
Fitriani Nur Fadhilah, Analisis Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Taksonomi Bloom, Skripsi Sarjana Pendidikan (Surabaya: Perpus IAIN Sunan Ampel, 2011)
Itriyatut Diana Kamilia, Titik Sugiarti, Dinawati Trapsilasiwi, Susanto dan Hobri Analisis Level Berpikir Siswa Berdasrakan Taksonomi SOLO Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV di Tinjau dari Tipe Kepribadian Florence Littauer. 2018
Titi Wahyu Purwati, "Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Aljabar Siswa
Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi Solo Dilihat Dari Perbedaan
Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender”, Tesis Program Pasca