ASSESSMEN FLUENCY OF THINKING, FLEXIBILITY, DAN ELABORATION CALON GURU FISIKA: DESAIN, DAN VALIDITAS
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.6014Keywords:
berpikir kreatif, kelancaran, keluwesan, keterincianAbstract
Pengembangan keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu fokus perhatian dalam perkuliahan Fisika Dasar. Pengembangan keterampilan berpikir kreatif penting dilakukan karena keterampilan ini merupakan keterampilan Abad 21 yang juga dikehendaki dunia kerja. Daya saing suatu bangsa dapat dilihat dari kreativitas yang dimiliki oleh Sumber Daya Manusia suatu negara. Tujuan penelitian adalah mengembangkan assessmen (tes) keterampilan berpikir kreatif untuk indikator berpikir lancar (fluency of thinking), berpikir luwes (flexibility), dan keterincian (elaboration). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Produk instrument tes keterampilan berpikir kreatif yang dihasilkan divalidasi oleh dua orang pakar, dan diperoleh kesimpulan bahwa assessmen yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan. Selanjutnya diharapkan kepada dosen pengampu untuk mengembangkan penilaian yang berorientasi pada kecakapan Abad 21 (keterampilan berpikir kreatif, kritis, komunikasi, dan kolaborasi), tidak hanya terfokus pada penilaian pengetahuan kognitif saja. Instrument tes (assessmen) yang dikembangkan juga disesuaikan dengan capaian pembelajaran mata kuliah Fisika Dasar.References
Budiman, I. (2013). Model Pembelajaran Latihan Inkuiri untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Energi Rumah Tangga dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 2(1), 40–46.
Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. JURNAL E-DuMath, 3(2), 155–163. https://doi.org/10.26638/je.460.2064
Gelerstein, D., Nussbaum, M., Chiuminatto, P., & López, X. (2016). Designing and implementing a test for measuring critical thinking in primary school. Thinking Skills and Creativity, 20, 40–49. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.02.002
Hadar, L. L., & Tirosh, M. (2019). Creative thinking in mathematics curriculum: An analytic framework. Thinking Skills and Creativity, 33(September 2018), 100585. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100585
Hardyanto, W., & Milah, I. L. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Praktikum Asas Black Berbasis Problem Based Learning dan Berbantuan Makromedia Flash. Physics Communication, 2(1), 70–75. https://doi.org/10.15294/physcomm.v2i1.12157
Hikmah, D. (2020). Validitas Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika pada materi Deret. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar, 60–63.
Ismayanti, I., Arsyad, M., & Marisda, D. H. (2020). PENERAPAN STRATEGI REFLEKSI PADA AKHIR PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 27–31. http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/573/399
Kadir, H. D., Arsyad, M., & Marisda, D. H. (2020). Implementation of Problem Solving Methods in Elasticity Course. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 279–285. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i3.3803
Laisema, S., & Wannapiroon, P. (2014). Design of Collaborative Learning with Creative Problem-solving Process Learning Activities in a Ubiquitous Learning Environment to Develop Creative Thinking Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3921–3926. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.867
Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan Proses Sains ( KPS ) Pada Pelaksanaan. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 49–54.
Ma'Ruf, M., Marisda, D. H., & Handayani, Y. (2019). The basic physical program based on education model online assisted by alfa media to increase creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 0–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032068
Marisda, D. H. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kesehatan Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi melalui Model Pembelajaran Langsung di SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(3), 267–275. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/325
Marisda, D. H. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Ketuntasan Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI Keperawatan Medis melalui Model Pembelajaran Langsung Berbantukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Kesehatan. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(2), 153–165. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/1294/1155
Maysyaroh, S., & Dwikoranto. (2021). KAJIAN PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA. ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 44–53.
Rahayu, E. (2011). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Universitas Negeri Semarang.
Rahmasari, D. N. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Bangun Ruang Sisi Datar.
Riskawati, & Marisda, D. H. (2020). The Effectiveness of Experimental Method in Teaching Motion Topic at Senior High School Level. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 8(1), 33–42. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3004
Sarah, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Potensi Lokal. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(2), 84–94. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i2.344
Sari, W. P., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 307–317.
Siswono, T. Y. E. (2008). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, Februari, 60–68. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/13/332
Sugiyono, P. D. (2019). METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (Research and Development/R & D) (S. Y. Suryandari (ed.); 4th ed.). Penerbit Alfabeta.
Tumurun, S. W., Gusrayani, D., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya, 1(1), 101–110. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2936
Ulmi, F. (2018). Tahap Validasi Lembar Essay Assessment Berbasis Creative Problem Solving ( CPS ) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Natural Science Journal, 4(1), 561–571.
Yulvinamaesari, & Tenriawaru, E. P. (2015). EFEKTIVITAS MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MULTIPLE INTELLIGENCE PADA MAHASISWA FISIKA UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO. Jurnal Dinamika, 06(2), 59–81.