PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN FLASHCARD TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BANGUN DATAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Vidanisa Nurkhotimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rahman Rahman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aulia Alfathin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Desy Ayu Pangesty Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.6070

Keywords:

Model Example dan Non Example, Model Group Investigation, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK , Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan model example dan non example dan model group investigation  berbantuan flashcard  terhadap peningkatan hasil belajar bangun datar siswa sekolah dasar. Penelitian 0ini adalah Penelitian semu dengan desain kontrol pretest serta Postest pada mata pelajaran Matematika dengan pokok0bahasan bangun datar terhadap 60 siswassekolahddasar di Kecamatan Purwasari  Kabupaten Karawang Jawa Barat. Penelitian dilakukan dua kelompok belajar; kelompok eksperimen  menggunakan model example dan non example sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran model group investigation. Analisis data deskriptif maupun-inferensial menggunakan0proses0belajar0mengajar model example dan non example lebih0ungguloodarisiswa yang 0menggunakan proseslbelajar0mengajar model group investigation .0Dengan demikian,0proses0belajar0mengajar example dan non example dapat meningkatkan hasil belajar bangun datar siswa sekolah dasar.

References

Lestari, K.,E. & Yudhanegara, M.,R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama

Jejak Inovasi Pembelajaran IPS: Mengembangkan Profesi Guru Pembelajar - Asori Ibrohim, S.Pd.M.Pd - Google Books. (n.d.). Retrieved December 6, 2021, from https://books.google.co.id/books?id=kmp8DwAAQBAJ&pg=PA141&dq=model+example+non+example+adalah&hl=ban&sa=X&ved=2ahUKEwiI7pL4hs70AhXdSmwGHTRCAyQQ6AF6BAgGEAI#v=onepage&q=model example non example adalah&f=false

Raden, I., & Lampung, I. (2016). 1 , 2 1,2. 7(1), 1–9.

Teresia Olivia Oennus, Erni, R. K. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Ppembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika. FKIP Universitas Lampung, 1.

Yunita, S., Andriani, L., & Irma, A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 11. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4700

Published

2022-01-10

How to Cite

Nurkhotimah, V., Rahman, R., Alfathin, A., & Pangesty, D. A. (2022). PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN FLASHCARD TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BANGUN DATAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 30–34. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.6070