PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN LECTURE MAKER DI SDIT MASJID RAYA LANTAI BATU
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.6080Abstract
Media pembelajaran merupakan sebuah tenologi yang sangat dibutuhkan dalam program pendidikan guna membantu pendidik maupun peserta didik saat proses belajar mengajar berlangsung. Tujuan penelitian ini diantaranya 1) pengembangan kosa kata bahasa Arab menggunakan Lecture Maker 2) mengetahui validasi 3) mengetahui pengembangan pembelajaran kosa kata bahasa Arab menggunakan aplikasi Lecture Maker di SDIT Masjid Raya Lantai Batu. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan jenis penelitian Research and Development (R & D) dengan model desain 4D. Pada model 4D terdapat beberapa tahap yakni define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian ini adalah berupa produk interaktif yang sangat menarik untuk membangkitkan minat siswa untuk mempelajari bahasa Arab. Dengan media yang berbeda, maka akan membuat siswa lebih senang menerima ilmu dari guru. Media pembelajaran menggunakan aplikasi Lecture Maker bisa menambahkan gambar, video, sura, dan quis yang menarik. Harapan peneliti agar aplikasi yang dimanfaatkan saat ini dapat dikembangkan untuk mata pelajaran bahasa Arab terkhusus materi kosa kata sehingga siswa mampu menguasai kosa kata dalam jumlah yang banyak setiap harinya.References
Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22
Hermawan, A. (2014). Konsep Belajar dan pembelajaran Menurut Al-ghazali. Jurnal Qathruna, 1(1), 84–98. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/247
Husada, F. R. K. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Αγαη, 8(5), 55. http://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/JurnalBuanaPengabdian/article/view/581/537
Kata, K., & Kegiatan, D. A. N. L. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kosa Kata Siswa Kelas Iii Di Madrasah Aliyah Al-Khoirot. 416–427.
Larasati, S., Sulthoni, S., & Ulfa, S. (2021). Pengembangan Multimedia Tutorial Untuk Mendukung Generative Learning By Self Explaining. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 289–298. https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p289
M. Khalilullah, S. A. M. (2012). Permainan Teka-Teki Silang Sebagai Media Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 15–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.309
Madrasah, D. K., Jenderal, D., Islam, P., Agama, K., & Indonesia, R. (2019). KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab. https://pustakapendisntt.com/2019/08/14/kma-183-tahun-2019-tentang-kurikulum-pai-dan-bahasa-arab-pada-madrasah/
Nurjati, S. (2002). Bab ii pembelajaran akidah akhlak, basis humansitik, pendekatan active learning. 39–104. https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB214156310013.pdf
Ridha Yoni Astika, Bambang Sri Anggoro, & Siska Andriani. (2020). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 85–96. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.29
Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252
Rusydi, P., & Thu, A. (2020). Problematika Pemilihan Materi Mufrodat Menurut. Jurnal Jurusan PBA, 19(2), 216–228. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i2.2370
Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842
Susanto, H. (2017). Pemahaman Sejarah Daerah dan Persepsi Terhadap Keberagaman Budaya dalam Membina Sikap Nasionalisme (Studi Korelasi pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP UNLAM). Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 9(1), 39–50. http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/1581
Syaifullah, M., & Izzah, N. (2019). Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 127. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.764
Yulaini, E. (2018). Hubungan Pemahaman Profesi Kependidikan Dengan Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Pgri Palembang. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 59–70. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/2149