Efektivitas Pembelajaran Praktikum dengan Google Sites Berbantuan Quizstar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Era Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.6118Keywords:
Google sites, Quizstar, Kemampuan Berpikir KreatifAbstract
Adanya instruksi Kemendikbudristek selaku penyelengaraan pendidikan pusat untuk dianjurkan setiap sekolah dan perguruan tinggi menyelengarakan Pendidikan secara daring. Anjuran ini diberlakukan mengingat kondisi pandemi covid-19 masih sangat tinggi di Indonesia. Keadaan inilah yang membuat proses kegiatan pembelajaran perlu berbenah melihat situasi saat ini. Mengatasi hal semacam ini, maka sangat penting tiap penyelengaraan pendidikan memanfaatkan era digital terutama masa covid 19 saat ini. Penelitian ini bertujuan mengetahui 1. Pengaruh penggunaan pembelajaran praktikum dengan google sites berbantuan quizstar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa, 2 efektivitas pembelajaran praktikum dengan google sites berbantuan quizstar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Unima sedangkan sampel digunakan mahasiswa semester 3 Tahun Ajaran 2021/2021. Perolehan data dilakukan dengan lembar tes dan studi dokumentasi selama penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan analisis inferensial dengan Mann Whitney U. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1. Ada pengaruh yang signifikan penggunaan pembelajaran praktikum dengan google sites berbantuan quizstar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan signifikansi sebesar 0,025 < 0,050. 2. Pembelajaran Praktikum yang menggunakan dengan google sites berbantuan quizstar efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa sebesar 0,762 diperoleh dari Gain score kategori tinggi dengan nilai 0,7 < gain score > 0.3Downloads
Published
2022-06-29
How to Cite
Silvanus, J., & Ridwan, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Praktikum dengan Google Sites Berbantuan Quizstar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Era Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 155–163. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.6118
Issue
Section
Artikel