KEBUTUHAN PENGGEMBANGAN MEDIAPEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS POTENSI LOKAL TAMAN NASIONAL LORE LINDU
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.7283Keywords:
Kebutuhan, Media Pembelajaran, Keanekaragaman HayatiAbstract
Tujuan dalam penelitian ini ialah sebagai dasar untuk merancang media pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan siswa kelas X SMAN 5 yang berjumlah 120 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dimana instrumen penelitiannya meliputi kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan Persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru belum melakukan inovasi dalam media pembelajraan. Khususnya menggunakan media yang berbasis potensi lokal. Selain itu, kuisioner menunjukan siswa mengharapkan materi pembelajaran yang menarik dengan gambar serta aktivitas yang menyenangkan. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran berupa buku yang berbasis potensi keanekaragaman hayati Taman Nasional Lore Lindu diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan siswa
References
Ardianti, S. Wanabuliandari, S. Saptono, S. Alimah. (2019). A Needs Assessment Of Edutainment Module With Ethnoscience Approach Oriented To The Love Of The Country. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 8 (2) 153-161
Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95.
Magdalena Ina, Alif Fatakhatus Shodikoh, Anis Rachma Pebrianti, Azzahra Wardatul Jannah, Iis Susilawati. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021; 312-325
Ningrum, R. D. S., Manalu, K., & Nurkholida Rambe, R. (2022). Pengembangan Modul Bioteknologi Berbasis Potensi Lokal Cocos nucifera Di Kabupaten Batu-Bara Untuk Kelas XII SMA Negeri 1 Sei.Balai. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 68-79.
Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588.
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15.
Ulya, H., Arsih, F., Alberida, H. ., & Rahmi, Y. L. . (2022). Pengembangan Buku Digital Berbasis RANDAI Terintegrasi Potensi Lokal pada Materi Keanekaragaman Hayati: Development of RANDAI-Based Digital Book Integrated Local Potential on Biodiversity Materials. BIODIK, 8(1), 97 - 108.
Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10 (2), 215.
Yudistira, O. K., S. Syamsurizal, S., Helendra, H., & Attifah, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet Sistem Imun Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 39–44.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.