ANALISIS WACANA KRITIS DIMENSI SOSIAL FAIRCLOUGH DALAM NOVEL PULANG KARYA LEILA S. CHUDORI

Authors

  • Khairunnisa Br Tambunan UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Syairal Fahmy Dalimunthe Universitas Negeri Medan
  • M Surip Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i1.7287

Keywords:

Analisis wacana kritis, dimensi sosial, sejarah.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dimensi sosial pada novel Pulang karya Leila S. Chudori dengan pendekatan Fairclough. Dimensi sosial yang dikaji dalam penelitian ini dilihat pada dimensi teks, dimensi praksis kewacanaan dan dimensi praksis sosiostruktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada subfokus dimensi sosial ditinjau dari praksis kewacanaan adalah masyarakat dapat mengetahui nilai dan realitas sosial/kenyataan yang terjadi pasa tahun 1960an yang sangat erat dengan masyarakat pada saat itu merupakan peristiwa G30SPKI, peristiwa supersmar, pembersihan etnis Tionghoa, serta tragedi Mei. Sementara pada subfokus dimensi praksis sosiostruktural pengarang ingin mengungkapkan peristiwa yang dialami warga negara Indonesia yang di cap sebagai tahanan politik melalui tokoh Dimas yang problematik yang terus berjuang untuk kembali ke negeri tercinta Indonesia dan mendapatkan hak dan diakui sebagai warga negara Indonesia. Bersumber pada hasil riset yang ditemui kalau riset ini serta novel Pulang bisa dijadikan selaku bahan teks buat siswa serta warga universal buat memperluas pengetahuan menimpa sejarah.

References

Eriyanto. 2006. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS

Fairclough, Norman. 1995. Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. London: Longman.

Nurfitriani, Siti. 2017. "Realitas Sosial dalam Novel Pulang Karya Leila S. Chudori: Kajian Strukturalisme Genetik”. Vol. 17. No 1 April 2017.

Santoso, Anang. 2006. Bahasa, Masyarakat dan Kuasa: Topik-topik Kritis dalam Kajian Ilmu Bahasa. Malang: Universitas Negeri Malang.

Stubbs, M. 1983. Discourse Analysis: The Sociolinguistics Analysis of Natural Language. Chicago: The University of Chicago Press.

Chudori, Leila S. 2012. Pulang. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Published

2023-01-09

How to Cite

Tambunan, K. B., Dalimunthe, S. F., & Surip, M. (2023). ANALISIS WACANA KRITIS DIMENSI SOSIAL FAIRCLOUGH DALAM NOVEL PULANG KARYA LEILA S. CHUDORI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 69–77. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i1.7287