APLIKASI OFFLINE MEMBANTU SISWA DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMIK COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.8889Keywords:
Media PembelajaranAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara (khususnya aspek pronounciation dan fluency) menggunakan aplikasi website offline untuk siswa kelas 1 SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2019/2020 dalam situasi pandemi. (pandemi Covid-19). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang terdiri dari dua siklus. Penelitian dilakukan pada semester kedua tahun akademik 2019/2020 dari Januari hingga Juni 2020. Penelitian ini melibatkan observer yang juga guru Bahasa Inggris, dan siswa. Partisipan penelitian ini adalah 36 siswa X IPS 1 dan 36 siswa X IPA 7 tahun ajaran 2019/2020. Data dikumpulkan melalui observasi. Data berupa lembar observasi. Instrumen penelitian untuk mengumpulkan data adalah rekaman suara siswa. Dalam penelitian ini, observer melakukan dua siklus tindakan. Hasil dari Siklus 1 menunjukkan bahwa penerapan penggunaan aplikasi TALKENGLISH.COM secara offline membuat keterampilan berbicara siswa dalam pronounciation dan fluency meningkat. Oleh karena itu, observer memperbaiki tindakan tersebut pada Siklus 2 dengan memberikan lebih banyak kategori/materi untuk dipraktikkan. Sementara itu, terlihat bahwa implementasi aplikasi offline berhasil meningkatkan keterampilan berbicara pada pengucapan dan kelancaran siswa kelas satu SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor.
References
I need it for my upgrading rank of PNS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.