ANALISIS METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN DI SMA PGRI 3 BOGOR DALAM MEMBENTUK DAN MENINGKATKAN KARAKTERISTIK SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.8905Keywords:
Metode, Model Pembelajaran, Membentuk, Meningkatkan Karakteristik Peserta DidikAbstract
Penulisan jurnal ini bertujuan untuk memperoleh gambaran upaya yang dilakukan guru dalam membentuk dan meningkatkan karakteristik siswa, melalui penggunaan beberapa metode dan model pembelajaran di SMA PGRI 3 Bogor. Dalam pengunaannya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan dan pembelajaran diharapkan dapat terlaksana dengan maksimal Pengambilan data berdasarkan “Social Situation” menurut Spardley (dalam Sugiyono).1) terdiri atas tiga elemen yaitu: tempat, pelaku dan aktivitas. Dengan pendekatan kualitatif, Bogdan dan Taylor (dalam Sujarweni, 2020: 19) menjelaskan penelitian kualitatif adalah salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan, tulisan dari perilaku individu yang sedang diamati dalam suatu keadaan dan dikaji dari sudut pandang utuh (komprehensif dan holistic).2
References
Arikunto, Suharsimi, (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bogdan dan Biklen, (2016) dalam Moleong J. Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif (1999), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Bungin, Burhan, (2006), Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Djamarah,Syaiful Bahri (2002), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Fatoni, Abdurrahmat, (2006), Metodologi Penelitian, Jakarta:
Hamdani. (2011), Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Iskandarwassid dan Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Komalasari,Kokom.(2017) Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Definisi Karakteristik, https://kbbi.web.id
Kamus Meriam Webster, Definisi Karakteristik, https://id.m.wikipedia.org.wiki
Michael Quinn Patton, (2009), Metode Evaluasi Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Moelong, J. Lexy, (2014) Metodologi Penelitian Kualitatif : Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Rusman. (2018). Model-Model PembelajaranMengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sagala, Syaiful. (2009), Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sanjaya W. (2006), Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Shoimin, Aris. (2014) Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: Alfabeta
Suparman, Atwi (2001), Analisis Karakteristik Peserta Didik, Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
Uno, Hamzah. (2014). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, cetakan ke-10. Jakarta: Bumi Aksara..
Taufik, Ahmad, (2019), Analisis Karakteristik Peserta Didik: Jurnal Studi Keislaman
(1), https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v6i01.71
Trianto, (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Wasisto Agus, Dwi Doso Warso, (2014) Metodologi Penelitian, cet. ke-1 : Yogyakarta: Graha Cendikia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.