ANALISIS METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN DI SMA PGRI 3 BOGOR DALAM MEMBENTUK DAN MENINGKATKAN KARAKTERISTIK SISWA

Authors

  • Nurhayati . Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.8905

Keywords:

Metode, Model Pembelajaran, Membentuk, Meningkatkan Karakteristik Peserta Didik

Abstract

Penulisan jurnal ini bertujuan untuk memperoleh gambaran upaya yang dilakukan guru dalam membentuk dan meningkatkan karakteristik siswa, melalui penggunaan beberapa metode dan model pembelajaran di SMA PGRI 3 Bogor. Dalam pengunaannya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan dan pembelajaran diharapkan dapat terlaksana dengan maksimal Pengambilan data berdasarkan “Social Situation” menurut Spardley (dalam Sugiyono).1) terdiri atas tiga elemen yaitu: tempat, pelaku dan aktivitas. Dengan pendekatan kualitatif, Bogdan dan Taylor (dalam Sujarweni, 2020: 19) menjelaskan penelitian kualitatif adalah salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan, tulisan dari perilaku individu yang sedang diamati dalam suatu keadaan dan dikaji dari sudut pandang utuh (komprehensif dan holistic).2

References

Arikunto, Suharsimi, (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bogdan dan Biklen, (2016) dalam Moleong J. Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif (1999), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Bungin, Burhan, (2006), Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Djamarah,Syaiful Bahri (2002), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Fatoni, Abdurrahmat, (2006), Metodologi Penelitian, Jakarta:

Hamdani. (2011), Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Iskandarwassid dan Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Komalasari,Kokom.(2017) Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Definisi Karakteristik, https://kbbi.web.id

Kamus Meriam Webster, Definisi Karakteristik, https://id.m.wikipedia.org.wiki

Michael Quinn Patton, (2009), Metode Evaluasi Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Moelong, J. Lexy, (2014) Metodologi Penelitian Kualitatif : Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Rusman. (2018). Model-Model PembelajaranMengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sagala, Syaiful. (2009), Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya W. (2006), Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Shoimin, Aris. (2014) Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: Alfabeta

Suparman, Atwi (2001), Analisis Karakteristik Peserta Didik, Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Uno, Hamzah. (2014). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, cetakan ke-10. Jakarta: Bumi Aksara..

Taufik, Ahmad, (2019), Analisis Karakteristik Peserta Didik: Jurnal Studi Keislaman

(1), https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v6i01.71

Trianto, (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Wasisto Agus, Dwi Doso Warso, (2014) Metodologi Penelitian, cet. ke-1 : Yogyakarta: Graha Cendikia

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

., N. (2023). ANALISIS METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN DI SMA PGRI 3 BOGOR DALAM MEMBENTUK DAN MENINGKATKAN KARAKTERISTIK SISWA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 232–257. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.8905