Pengaruh Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Farmakologi

Authors

  • Evi Mulyani Muhammadiyah University of Palangkaraya
  • Chandra Anugrah Putra Muhammadiyah University of Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i1.9114

Keywords:

Video, Media, Multimedia, Farmakologi

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikansi video pembelajaran berbasis multimedia terhadap hasil belajar Farmakologi; (2) hasil belajar Farmakologi pada kelompok peserta didik yang menerapkan video pembelajaran berbasis multimedia lebih tinggi dibandingkan dengan Hasil belajar Farmakologi pada kelompok peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran teks. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data, pengujian hipotesis, dan pembahasan hasil penelitian tentang perlakuan terhadap hasil belajar Farmakologi, dapat diberikan kesimpulan sebagai berikut:. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua peserta didik di SMK Kesehatan Palangka Raya dan sampelnya yaitu peserta didik kelas XI SMK Kesehatan Palangka Raya. Sesuai dengan fenomena yang akan diteliti oleh peneliti maka dibutuhkan alat dan pengumpulan data yang relevan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan Tes hasil belajar peserta didik. Capaian yang dinggin di dapat dalam penelitian ini yaitu penerapan yang digunakan peneliti dapat membantu meningakatkan hasil belajar peserta didik.

References

Anief Moh, 2004. Prinsip Umum dan Dasar Farmakologi, Gadjah Mada University Press. Yogyakarta Hardman JG, Limbird LE. 2003.

Apt, Paul. 2014. DASAR-DASAR ILMU FARMASI :: Ilmu Farmasi Dan

Perkembangannya.

Connel, J. Diane. Brain-Based Strategies to Reach Every Learner. New York: Scholastic, 2005.

Cooper, G. 1990. Cognitive Load Theory As an Aid for Instructional Desain. Australian Journal of Educational Technologi. Didownload dari http://www.ascilite.org.au/ajet6/cooper.html

Crawford, M., L. 2001. Teaching and Contextually, Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement In Mathematics and Science. CORD, Leading in Change in Education.

Dahar, R.W. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Dedikbud P2LPTK.

Degeng, I.N. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasikan Isi Dengan Elaborasi. Malang: IKIP Malang.

Dewi, Rani. 2013. Farmakologi.

Eggen, P.D & Kauchak, P.P. 1996. Strategies for Teacher: Teaching Content and Thinking Skill. Boston: Alyn & Bacon.

Ekawati, Zullies. 2014. My Books.

Fauzi. 2013. Penggolongan Obat.

Gardner, H. (2003). Multiple Intelligences: Teori Dalam Praktek. Terjemahan oleh Sindoro, A. Batam Centre: Interaksara.

Gitawati, R. (2008). Interaksi Obat Dan Beberapa Implikasinya. Jurnal Media Litbang Kesehatan, 10.

Goodman and Gilman : Dasar Farmakologi Terapi. Volume 1. EGC. Jakarta. Jordan S. 2004. Farmakologi Kebidanan. EGC. Jakarta Mutiara Putri, Intan. 2019.

Gredler, M.E.B. 1986. Learning and instruction. New York: Mac Millan Publishing Company.

Gregory, Gayle H., Chapman, Carolyn. Differentiated Instructional Strategies: One Size Doesn't Fit All. California: Corwin Press, 2007.

Haeria. (2017). Pengantar Ilmu Farmasi. Makassar: UIN Alaudin Makassar.

Heinich, dkk (2005). Instructional technology and media for learning 8th edition. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall

Hengky, Bue. 2011. Makalah Farmakologi.

Hitipiew, Imanuel. 2009. Belajar & Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Jasmine, Julia. Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa, 2012.

Joyce L. Kee, Evelyn R. Hayes. 1996. Farmakologi. Jakarta: EGC.

Kalyuga, S. 2010. Cognitive Load Theory: Schema Acquesition and Sources of Cognitive Load. Cambridge: Cambridge University Press.

Kamus Kesehatan. Farmakologi.

Kubo, M. 2009. Extensive Pair Taping for College Students in Japan: Action Research in confidence and fluency building. Accents Asia (Online). P. 36-38. Available: http://www.accentsasia.org/3-1/kubo.pdf

Liem, Sulasri. 2012. Konsep Farmakologi Secara Umum.

Nuryati. (2017). Farmakologi. Jakarta Selatan: Rekam Medis Informasi Kesehatan (RMIK).

Prasetyo, J. J. Reza., Andriani, Yeny. Multiply Your Multiple Intelligences. Yogyakarta: Andi, 2009.

Schneder, Peter H. 2001. Pair Taping: Increasing Motivation and Achievement with a Fluency Practice. TESL-EJ Volume 5 No. 2.

Slide Powerpoint : Konsep Farmakologi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Sousa, David A. How The Brain Learns. California: Corwin Press, 2006.

Supardi, S. D. (2021). Kajian Peraturan Perundang-Undangan Tentang Pemberian Informasi Obat dan Obat Tradisional di Indonesia. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 8.

Yusuf, F. (2016). Studi Perbandingan Obat Generik Dan Obat Nama Dagang. Jurnal Farmanesia, 10.

Wardaya, A., Kurniawan, N. B., & Siagian, T. H. (2022). KEBIJAKAN PUBLIK DI BIDANG PENDIDIKAN: PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA DENGAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 127-135.

Marisda, D. H., Hamid, Y. H., Riskawati, R., Samsi, A. N., & Murniati, M. (2022). ASSESSMEN FLUENCY OF THINKING, FLEXIBILITY, DAN ELABORATION CALON GURU FISIKA: DESAIN, DAN VALIDITAS. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 136-142.

Nasution, F. M., Siregar, R., & Lubis, M. J. (2022). GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEADILAN ORGANISASI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 143-147.

Zulhandayani, F., Rezeki, K. S., & Lubis, M. J. (2022). PEMANFAATAN CANVA SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN INFORMASI BAGI KEPEMIMPINAN SEKOLAH. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 148-154.

Silvanus, J., & Ridwan, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Praktikum dengan Google Sites Berbantuan Quizstar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Era Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 155-163.

Sofian, S. R. A., Subchan, W., & Sudarti, S. (2022). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE LENS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 176-189.

Kurniasih, E., Arief, Z. A., & Wibowo, S. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP SMART EKSELENSIA INDONESIA KABUPATEN BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 207-215.

Pangesty, D. A. R., Nursirwan, H., Marliah, A., Yasa, L. N., & Hartono, R. (2021). The influence of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model on students' written mathematical communication skills in primary school. Technium Soc. Sci. J., 22, 249.

Pangesty, D. A. R., Arief, Z. A., & Hartono, R. (2022). The Development of Multiple Intelligence-Based E-Books on Grade V Science Learning In Elementary Schools. International Journal on Engineering, Science and Technology, 214-219.

Mursid, R., Saragih, A. H., & Hartono, R. (2022). The Effect of the Blended Project-Based Learning Model and Creative Thinking Ability on Engineering Students' Learning Outcomes. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(1), 218-235.

Published

2023-01-09

How to Cite

Mulyani, E., & Putra, C. A. (2023). Pengaruh Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Farmakologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 10–21. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i1.9114