Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM) Dan Business Model Canvas (BMC) Terhadap Penerimaan Peserta Didik Baru Di Smp Nurul Ilmi Darunnajah Serang

Authors

  • Hasim Abdul Jamil Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • M. Syadeli Hanafi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sholih Sholih Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i1.9116

Keywords:

Total Quality Management, Business Model Canvas, Penerimaan Peserta Didik Baru

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu : (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh penerapan Total Quality Management (TQM) dan  Bussiness Model Canvas (BMC) terhadap penerimaan peserta didik baru di SMP Nurul Ilmi Darunnajah Serang; (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh penerapan Bussiness Model Canvas (BMC) terhadap penerimaan peserta didik baru di SMP Nurul Ilmi Darunnajah Serang; dan (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh penerapan Total Quality Management (TQM) dan penerapan Bussiness Model Canvas (BMC) secara bersama-sama terhadap penerimaan peserta didik baru di SMP Nurul Ilmi Darunnajah Serang. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif dan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil dari penelitian ini yaitu ; pertama terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan Total Quality Management (TQM) terhadap penerimaan peserta didik baru di SMP Nurul Ilmi Darunnajah Serang. Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan Bussiness Model Canvas (BMC) terhadap penerimaan peserta didik baru di SMP Nurul Ilmi Darunnajah Serang. Ketiga, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan Total Quality Management (TQM) dan penerapan Bussiness Model Canvas (BMC) secara bersama-sama terhadap penerimaan peserta didik baru di SMP Nurul Ilmi Darunnajah Serang.

References

Aisyah, S., & Rahayu, Y. M. (2021). Pengelolaan Pendidikan. Penerbit Lakeisha.

Anggusti, M., Toni, N., & Chanaka, J. (2021). Mengenal Lebih Dekat Sistem Manajemen dan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Teori dan Praktik). CV. Merdeka Kreasi Group.

Arbangi, Dakir, and Umiarso. 2018. Manajemen Mutu Pendidikan. Depok: Prenada Media Group.

Departemen Pendidikan Nasional. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dwiyono, Y. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Penerbit Deepublish.

Edward, Sallis. 2006. Total Quality Management In Education (Alih Bahasa Ahmad Ali Riyadi). XV. IRCISoD.

Fadhilah. (2018). Manejemen Kesiswaan di Sekolah. Nasya Expanding Management.

Hanum, F. (2020). Kebijakan Strategi Produksi. Undhar Press.

Imron, Ali. 2016. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. 4th ed. Bumi Aksara.

Nasution, M. Nur. 2015. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Ketiga. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Osterwalder, Alexander, and Yves Pigneur. 2012. Business Model Generation (Terjemahan). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rasto. (2021). Kado untuk Guru Profesional. Penerbit Adab.

Rifa'i, Muhammad. 2018. Manajemen Peserta Didik (Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektifitas Pemelajaran). Medan: CV. Widya Puspita.

Royan, F. (2014). Bisnis Model Kanvas Distributor. PT Gramedia Pustaka Utama.

Setiawan, Hasrian Rudi. 2021. Manajemen Peserta Didik (Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan). Medan: UMSU Press.

Siregar, O. M., Selwendri, Maulidina, & Abdillah, M. B. (2020). Penerapan Bisnis Model Canvas Sentral UMKM. Penerbit Puspantara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Cetakan Ke-21). ke-23. Bandung: Alfabeta.

Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi Profesional Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta.

Suranto. 2019. Manajemen Mutu Dalam Pendidikan (QM in Education). Tangerang: Loka Aksara.

Tim PPM Manajemen. 2012. Business Model Canvas: Penerapan Di Indonesia. Jakarta: Penerbit PPM.

Tjiptono, Fandy, and Anastasia Diana. 2005. TQM - Total Quality Management. ke-5. Yogyakarta: Percetakan ANDI OFFSET.

Wiyani, Novan Ardy. 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management: Konsep Dan Aplikasi Di Sekolah. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Wulandary, A., R, F., Aksal, M., Darhyati, A. T., & Masitah. (2020). Business Model Canvas Implementasi Terhadap Industri Rumahan Produk Virgin Coconut Oil (VCO). Penerbit Media Sains Indonesia.

Yendra, Marihi, L. O., & Saling. (2022). Manajemen Strategis: Keunggulan Bersaing Dalam Organisasi. Yayasan

Wardaya, A., Kurniawan, N. B., & Siagian, T. H. (2022). KEBIJAKAN PUBLIK DI BIDANG PENDIDIKAN: PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA DENGAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 127-135.

Marisda, D. H., Hamid, Y. H., Riskawati, R., Samsi, A. N., & Murniati, M. (2022). ASSESSMEN FLUENCY OF THINKING, FLEXIBILITY, DAN ELABORATION CALON GURU FISIKA: DESAIN, DAN VALIDITAS. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 136-142.

Nasution, F. M., Siregar, R., & Lubis, M. J. (2022). GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEADILAN ORGANISASI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 143-147.

Zulhandayani, F., Rezeki, K. S., & Lubis, M. J. (2022). PEMANFAATAN CANVA SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN INFORMASI BAGI KEPEMIMPINAN SEKOLAH. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 148-154.

Silvanus, J., & Ridwan, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Praktikum dengan Google Sites Berbantuan Quizstar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Era Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 155-163.

Sofian, S. R. A., Subchan, W., & Sudarti, S. (2022). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE LENS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 176-189.

Kurniasih, E., Arief, Z. A., & Wibowo, S. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP SMART EKSELENSIA INDONESIA KABUPATEN BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 207-215.

Pangesty, D. A. R., Nursirwan, H., Marliah, A., Yasa, L. N., & Hartono, R. (2021). The influence of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model on students' written mathematical communication skills in primary school. Technium Soc. Sci. J., 22, 249.

Pangesty, D. A. R., Arief, Z. A., & Hartono, R. (2022). The Development of Multiple Intelligence-Based E-Books on Grade V Science Learning In Elementary Schools. International Journal on Engineering, Science and Technology, 214-219.

Mursid, R., Saragih, A. H., & Hartono, R. (2022). The Effect of the Blended Project-Based Learning Model and Creative Thinking Ability on Engineering Students' Learning Outcomes. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(1), 218-235.

Published

2023-01-09

How to Cite

Jamil, H. A., Hanafi, M. S., & Sholih, S. (2023). Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM) Dan Business Model Canvas (BMC) Terhadap Penerimaan Peserta Didik Baru Di Smp Nurul Ilmi Darunnajah Serang. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 33–46. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i1.9116