Pengembangan media pembelajaran video berbasis massive offline online courses (mooc) pada materi pelatihan analisa kredit mikro di PT. LKM bogor 2021

Authors

  • Aang Hidayat PT. LKM BOGOR
  • Muktiono Waspodo Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Sigit Wibowo Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i1.9128

Keywords:

MOOC, Learning Management Sistem, Analisis Kredit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran video berbasis MOOC pada materi pelatihan analisis kredit mikro di PT. LKM Bogor, 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video berbasis MOOC pada materi pelatihan analisis kredit mikro di PT. LKM Bogor, 3) Untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran video berbasis MOOC pada materi pelatihan analisis kredit mikro di PT. LKM Bogor.

Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau disebut juga Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan integrasi media penelitian dan pengembangan Borg and Gall dengan Media Desain Pembelajaran Dick and Carey. Subjek dalam penelitian ini adalah Peserta pelatihan di PT. LKM Bogor. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dalam penelitian ini diambil melalui observasi lingkungan belajar dan wawancara. Data kuantitatif diambil melalui uji validasi ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli materi, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar.

Hasil yang ditunjukkan dalam pengembangan media pembelajaran video berbasis MOOC ini adalah penilaian kelayakan oleh ahli media memperoleh skor 94% (Layak). Penilaian kelayakan oleh ahli desain memperoleh skor 93% dan penilaian kelayakan oleh ahli materi pembelajaran memperoleh skor 94%. Berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli desain dan materi pembelajaran video berbasis MOOC ini dinilai layak untuk digunakan. Respon peserta dalam uji kelompok kecil dinilai cukup layak dengan skor 94%. Pada uji coba kelompok besar menunjukkan skor rata-rata 97% yang dikategorikan cukup layak. Uji kefektifan dinilai dengan uii menurut Donald kick Patrick dengan 2 level yaitu level reaksi (reaction) dan level belajar (learning), level reaksi di uji dengan cut of point dimana nilainya adalah 91% dapat dilihat nilai tersebut berada diatas nilai cut of point sehingga dapat dikategorikan sangat puas dengan demikian uji reaksi produk pengembangan media ini sangat efektif. Level selanjutnya adalah level belajar dihitung dengan melihat signifikan antara nilai sebelum dan sesudah dilakukan uji coba, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai signifikansi kurang dari nilai yang ditentukan yaitu berada di angka 0,004 < 0,005 nilai signifikansinya sehingga ada perbedaan secara signifikan dengan demikian dapat dikategorikan media pembelajaran ini efektif

References

Arief, Z. A. (2017). Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan (Vol. 1). UIKA.

Clow D. (2013). MOOCs and the funnel of participation. In: Proc 3rd international conference on learning analytics and knowledge (LAK '13.

Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Pribadi, A. B. (2010a). Model Desain Sistem Pembelajaran (2nd ed.). Dian Rakyat.

Pribadi, A. B. (2010b). Model Desain Sistem Pembelajaran (Vol. 2). Dian Rakyat.

Rusman, K. D., & R. C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi. RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Sutrisno. (2012). Kreatif Mengembangkan Aktifitas Pembelajaran Berbasis TIK. Referensi.

Wardaya, A., Kurniawan, N. B., & Siagian, T. H. (2022). KEBIJAKAN PUBLIK DI BIDANG PENDIDIKAN: PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA DENGAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 127-135.

Marisda, D. H., Hamid, Y. H., Riskawati, R., Samsi, A. N., & Murniati, M. (2022). ASSESSMEN FLUENCY OF THINKING, FLEXIBILITY, DAN ELABORATION CALON GURU FISIKA: DESAIN, DAN VALIDITAS. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 136-142.

Nasution, F. M., Siregar, R., & Lubis, M. J. (2022). GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEADILAN ORGANISASI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 143-147.

Zulhandayani, F., Rezeki, K. S., & Lubis, M. J. (2022). PEMANFAATAN CANVA SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN INFORMASI BAGI KEPEMIMPINAN SEKOLAH. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 148-154.

Silvanus, J., & Ridwan, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Praktikum dengan Google Sites Berbantuan Quizstar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Era Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 155-163.

Sofian, S. R. A., Subchan, W., & Sudarti, S. (2022). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE LENS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 176-189.

Kurniasih, E., Arief, Z. A., & Wibowo, S. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP SMART EKSELENSIA INDONESIA KABUPATEN BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 207-215.

Pangesty, D. A. R., Nursirwan, H., Marliah, A., Yasa, L. N., & Hartono, R. (2021). The influence of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model on students' written mathematical communication skills in primary school. Technium Soc. Sci. J., 22, 249.

Pangesty, D. A. R., Arief, Z. A., & Hartono, R. (2022). The Development of Multiple Intelligence-Based E-Books on Grade V Science Learning In Elementary Schools. International Journal on Engineering, Science and Technology, 214-219.

Mursid, R., Saragih, A. H., & Hartono, R. (2022). The Effect of the Blended Project-Based Learning Model and Creative Thinking Ability on Engineering Students' Learning Outcomes. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(1), 218-235.

Published

2023-01-09

How to Cite

Hidayat, A., Waspodo, M., & Wibowo, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran video berbasis massive offline online courses (mooc) pada materi pelatihan analisa kredit mikro di PT. LKM bogor 2021. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 152–162. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i1.9128