INTERAKSI ORANGTUA KEPADA ANAK SELAMA MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 2 YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.9419Keywords:
Interaksi Anak, Kontak Sosial, Komunikasi, Pembelajaran Online, Covid-19Abstract
Penelitian yang berjudul Interaksi Orangtua Kepada Anak Pada Saat Melakukan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam bagaimana perkembangan Interaksi anak pada saat melakukan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dan juga untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan interaksi orangtua kepada anak menurun. Jenis penelitian ini adalah studi fenomenologi, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, tentunya didahulukan dengan metode observasi agar mengetahui karakter dan sifat dari narasumber. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, secara umum interaksi antara anak dan orangtua pasti terjadi dan semuanya memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Kedelapan informan ini menunjukkan bahwa interaksi anak kepada mereka masih banyak yang diluar ekspektasi, realitanya banyak informan yang belum cukup baik dalam hal membangun interaksi kepada anak-anak mereka. Kontak sosial pada saat pembelajaran online yang dibangun oleh beberapa informan sudah cukup baik, akan tetapi lebih banyak informan yang lebih memilih untuk tidak melakukan kontak sosial, dalam artian jarang sekali menemani anak melakukan pembelajaran online. Komunikasi yang dibangun oleh beberapa informan juga terlihat sedikit buruk, dalam artian banyak dari informan yang mengabaikan anak dalam hal bermain gadget, tentunya ini merupakan hal yang harus sangat diperhatikan, karena jika ini terus dibiarkan, maka komunikasi antara anak dan orangtua akan berakibat sangat buruk, tidak heran banyak anakanak yang marah ketika ditegur saat bermain gadget.
References
Agus Purwanto*, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti, and Ratna Setyowati Putri Wijayanti, Choi Chi Hyun. 2020. "Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” Journal of Education, Psychology and Counseling 2(April):2.
Annisa, Yulia Nur, and Universitas Pendidikan Indonesia. 2016. "Home-Start Parenting Program Untuk Meningkatkan Fungsi Emosi Ibu Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Psikologi 3:1–22. doi: 10.15575/psy.v3i1.1096.
Citereup, Desa. 2015. "Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru Smpn 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis.” 4(1):59–62.
Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Kepustakaan Library Research. Malang: Literasi Nusantara.
Haris Budiman. 2014. "Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8(I):31–43.
Hizba Ahshaina, Febry Hizba Ahshaina, Budhi Wibhawa, and Eva Nuriyah Hidayat. 2016. "Interaksi Di Dalam Keluarga Dengan Anak Berhadapan Dengan Hukum Di Panti Sosial Masurdi Putra Bambu Apus Jakarta.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3(3):349. doi: 10.24198/jppm.v3i3.13777.
Ningrum Fatnar, Virgia, and C. Anam. 2014. "Kemampuan Interaksi Sosial Antara Remaja Yang Tinggal Di Pondok Pesantren Dengan Yang Tinggal Bersama Keluarga.” Jurnal Fakultas Psikologi 2(2):71–75.
Rachma Permatasary, Nur, and R. Indriyanto. 2016. "Interaksi Sosial Penari Bujangganong Pada Sale Creative Community Di Desa Sale Kabupaten Rembang.” Journal Unnes 1–15.
Riska, H. A., D. Krisnatuti, and L. N. Yuliati. 2018. "Pengaruh Interaksi Remaja Dengan Keluarga Dan Teman Serta Self-Esteem Terhadap Perilaku Prososial Remaja Awal.” Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen 11(3):206–18. doi: 10.24156/jikk.2018.11.3.206.
Supianti, In In. 2018. "Pemanfataan Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( TIK ) Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran 4(1):63–70. doi: 10.30653/003.201841.44.
Wahyuti, Tri. 2016. "Tri Wahyuti Dan Leonita K.S.: Korelasi Antara Keakraban Anak Dan Orangtua...” Jurnal Visi Komunikasi 15(01):143–57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.