ANALISIS PATOLOGI BIROKRASI DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK (STUDI KASUS BPJS KESEHATAN KOTA SEMARANG)

Universitas Negeri Semarang

Authors

  • Alya Audhia Zahra Universitas Negeri Semarang
  • Anisa Rahmawati Universitas Negeri Semarang
  • Bintang Rafli Ananta Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32832/yustisi.v11i1.16194

Abstract

Salah satu yang menjadi permasalahan dalam pelayanan publik adalah adanya patologi birokrasi yang hingga saat ini masih marak terjadi dalam suatu instansi pemerintah. Patologi birokrasi menyebabkan kurangnya kepuasan masyarakat atas kinerja birokrasi publik dalam menyediakan layanan publik. Kurangnya tingkat kepuasan masyarakat tersebut dapat berakibat pada timbulnya kekecewaan atau bahkan pengurangan tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait adanya patologi birokrasi dalam pelayanan informasi publik pada BPJS Kesehatan Kota Semarang. Pendekatan yang penulis gunakan dalam menulis artikel ini ialah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian observasi naturalistik dengan menggunakan studi kasus. Data primer diperoleh melalui observasi partisipan dan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan yang penulis peroleh dari buku dan artikel jurnal yang relevan dengan topik pembahasan artikel ini.
Kata kunci: patologi birokrasi; pelayanan publik; informasi publik.

References

Anggraeni, T. D. (2014). MENCIPTAKAN SISTEM PELAYANAN PUBLIK YANG BAIK: STRATEGI REFORMASI BIROKRASI DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI. Jurnal Rechtsvinding, Vol. 3, No. 3, 418-430.

Dr. Khoirul Huda, S. (2014). PERTANGGUNGJAWABAN HUKUM TINDAKAN MAL-ADMINISTRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK . Jurnal Heritage, Vol. 2, No. 2, 31.

Dwiyanto, A. (2011). Mengembalikan Kepercayaan Publik Melalui REFROMASI BIROKRASI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hasanah, H. (2016). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI. Jurnal at-Taqaddum, Vol. 8, No. 1, 26-37.

Hasim, D. (2023). Patologi Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Junal Governance and Politics (JGP), Vol. 3, No. 1, 9-12.

Herd, P., & Moynihan, D. P. (2018). ADMINISTRATIVE BURDEN POLICYMAKING BY OTHER MEANS. New York: Russell Sage Foundation.

Karia, F. A., B. S., & Kasmad, R. (2021). REDTAPE PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PELAYANAN SERTIFIKAT TANAH DI KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL) DI KABUPATEN ENREKANG. KIMAP Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik, Vol. 2, No. 1, 157-169.

Maolani, D. Y., Sari, A. P., Amalia, A., & Sholeha, C. O. (2022). PATOLOGI BIROKRASI DAN UPAYA PENCEGAHANNYA UNTUK MENCIPTAKAN BIROKRASI YANG EFISIEN. Jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmu Sosial, Vol. 19, No. 1, 49-54.

Scott, I. (2015). Public Service Ethics: Individual and Institutional Responsibilities. International Review of Public Administration, Vol. 20, No. 2, 224-226.

Setyawan, D. (2012). SIKAP APATISME MASYARAKAT DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI DAN PATOLOGI BIROKRASI MENUJU PELAYANAN PUBLIK PRIMA (Studi di Kab. Malang, Kota Malang, Kota Batu). Jurnal Reformasi, Vol. 2, No. 2, 83-84.

Ulum, M. C. (2018). PUBLIC SERVICE (Tinjauan Teoretis dan Isu-Isu Strategis Pelayanan Publik). Malang : UB Press.

Zia Ulhak, S., & Arif Satriadin, S. (2017). PENCEGAHAN PATOLOGI BIROKRASI MELALUI REFORMASI ADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK. Jurnal Administrasi Negara, Vol. 14, No. 3, 159-162.

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

Alya Audhia Zahra, Anisa Rahmawati, & Bintang Rafli Ananta. (2024). ANALISIS PATOLOGI BIROKRASI DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK (STUDI KASUS BPJS KESEHATAN KOTA SEMARANG): Universitas Negeri Semarang. YUSTISI, 11(1), 94–101. https://doi.org/10.32832/yustisi.v11i1.16194