ANALISIS BEBAN ADMINISTRASI PADA DINAS PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA SEMARANG (STUDI KASUS PROGRAM “METAVERSE” PADA MAL PELAYANAN PUBLIK KOTA SEMARANG)

Universitas Negeri Semarang

Authors

  • Fauzuld Nur Arsy Universitas Negeri Semarang
  • Nisrina Khoirunnisa Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32832/yustisi.v11i1.16195

Abstract

Penyederhanaan layanan merupakan kebutuhan penting dalam konteks ruang pelayanan publik, karena harapan masyarakat adalah mendapatkan pelayanan yang efisien, ekonomis, dan transparan. Salah satu upaya penyederhanaan tersebut terwujud dalam bentuk Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPTSP) yang tersebar di setiap tingkat pemerintahan daerah. Mal Pelayanan Publik (MPP) menjadi inovasi DPTSP untuk memudahkan proses perizinan dan layanan non-perizinan bagi masyarakat. Meskipun pembentukan MPP memerlukan investasi yang cukup besar, tantangan utama adalah mencari inovasi agar pelayanan publik tetap efektif namun dengan biaya operasional yang terjangkau. Dalam konteks ini, DPTSP Kota Semarang mengambil langkah lebih maju dengan merancang program pelayanan berbasis metaverse di dalam MPP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan empiris, di mana peneliti secara langsung terlibat dalam pengamatan dan analisis fenomena di Mall Pelayanan Publik Kota Semarang, khususnya yang terletak di Terminal tipe-A Mangkang, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun program metaverse di MPP Kota Semarang memiliki potensi untuk menciptakan pelayanan publik yang terpadu dan responsif, masih terdapat beban administratif yang perlu diperbaiki. Teknologi metaverse, yang relatif baru bagi masyarakat umum, menjadi salah satu kendala, begitu pula dengan keterbatasan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di MPP Kota Semarang yang dapat menghambat kelancaran proses pelayanan. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan dalam administrasi dan kapasitas ASN agar program metaverse dapat memberikan manfaat maksimal bagi pelayanan publik di Kota Semarang.
Kata kunci : Beban Administrasi, DPTSP, Metaverse.

References

Ahmad Harimurti Nugroho, & Nur Widiastuti. (2017, January). DAMPAK KEBIJAKAN MORATORIUM PEGAWAI NEGERI SIPIL TERHADAP PENEMPATAN PEGAWAI DI PEMERINTAH DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. JURNAL RISET MANAJEMEN, 4(1), 143-157.

Ajib Rakhmawanto. (2011, November). KEBIJAKAN MORATORIUM DAN PENATAAN PEGAWAI NEGERI SIPIL BAGIAN DARI REFORMASI BIROKRASI. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS, 5(2), 63-74.

Bani Pamungkas, & Maulana Yusuf. (2022, July 27). Transformasi Pelayanan Publik Kota Di Era Metaverse. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 6, 175-180. https://www.researchgate.net/publication/367089777_Transformasi_Pelayanan_Publik_Kota_di_Era_Metaverse

Imelda Febliyani, Nur Fitriyah, & Enos Paselle. (2014, September). Efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terhadap Penyerapan Investasi Di Kalimantan Timur (Studi Pada Badan Perijinan Dan Penanaman Modal Daerah Provinsi Kalimantan Timur). Jurnal Administrative Reform, 2(3), 410-420.

MARTHA ANGELICA, MOMPO SONTYARA SIRAIT, & MUHAMMAD SAFEI. (2019). PERMASALAHAN KEBIJAKAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) DAN SOLUSINYA.

Khansa Nabila. (2020, July 21). Moratorium di Kemenkeu: Pangkas atau Peringkas? detikNews. https://news.detik.com/kolom/d-5101845/moratorium-di-kemenkeu-pangkas-atau-peringkas

Tasya Mutiara. (2022, Juli). DIGITALISASI SISTEM PELAYANAN PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA METRO. (Skripsi Sarjana, Universitas Lampung)

Mela Arnani. (2023, September 15). Tahun Ini, Tak Ada Alokasi Formasi CPNS di Instansi Pemerintah Daerah Halaman all - Kompas.com. Money Kompas. https://money.kompas.com/read/2023/09/15/130727126/tahun-ini-tak-ada-alokasi-formasi-cpns-di-instansi-pemerintah-daerah?page=all#google_vignette

Ombudsman RI. (2023, July 25). Menilik Mal Pelayanan Publik. Ombudsman RI. Retrieved November 11, 2023, from https://ombudsman.go.id/artikel/r/pwkinternal--menilik-mal-pelayanan-publik

SUGIARTO, S.E,M.Si. (n.d.). IMPLEMENTASI PERMENDAGRI NO. 138 TAHUN 2017 TENTANG PENYELENGGARAAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DAERAH. DPMPTSP PROVINSI JABAR. Retrieved November 11, 2023, from https://dpmptsp.jabarprov.go.id/web/application/modules/arsip/files/94b5cada58458a6bc3d57a3846245e97.pdf

Harris, M. (n.d.). Mengenal Perkembangan Metaverse serta Bagaimana Cara Kerjanya! Retrieved from Gramedia: https://www.gramedia.com/literasi/Metaverse-adalah/

Website Wakil Presiden RI. (2023, April 04). Wapres Tinjau Mal Pelayanan Publik Semarang. Retrieved from Wakil Presiden RI: https://www.wapresri.go.id/wapres-tinjau-mal-pelayanan-publik-semarang/

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

Fauzuld Nur Arsy, & Nisrina Khoirunnisa. (2024). ANALISIS BEBAN ADMINISTRASI PADA DINAS PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA SEMARANG (STUDI KASUS PROGRAM “METAVERSE” PADA MAL PELAYANAN PUBLIK KOTA SEMARANG): Universitas Negeri Semarang. YUSTISI, 11(1), 102–110. https://doi.org/10.32832/yustisi.v11i1.16195