RANCANG BANGUN PLANETARY GEAR PADA SISTEM ENERGY RECOVERY BERDASARKAN PUTARAN GAYA NORMAL SPRING

Penulis

  • Muhammad Anwar Universitas Ibn Khaldun
  • Dwi Yuliaji Program Studi Teknik Mesin, Universitas Ibn Khaldun
  • Gatot Eka Pramono Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/ame.v5i2.2470

Abstrak

Di dalam merancang kinetic energy recovery system (KERS) sangat erat hubungannya dengan perancangan roda gigi karena energi dari roda gigilah yang akan digunakan sebagai sumber KERS pada saat pengereman. Oleh karena itu, diperlukan dimensi roda gigi planetary gear dan torsi yang dihasilkan berdasarkan putaran spring. Perancangan roda planetary gear dan torsi yang dihasilkan berdasarkan rotasi gaya pegas normal. Dalam perancangan roda planetary gear, jumlah gigi sun gear adalah 27 gigi, 50 carrier gear, dan 128 ring gear. Angka toleransi pada roda gigi planetary gear ini masih pada batas toleransi sehingga roda gigi planetary gear aman untuk dioperasikan. Kemudian torsi yang dihasilkan berdasarkan putaran spring sebesar 21,63 Nm2. Gaya tangensial yang terjadi berdasarkan putaran spring pada roda gigi pada beban 2,100 kg sebesar 19,358 N, tegangan lentur pada roda gigi sebesar 0,520911 Mpa, dan tegangan kontak roda gigi sebesar 15,986 Mpa. Besarnya tegangan yang terjadi pada roda gigi ? dari yield strength sebesar 254 Mpa, maka roda gigi cukup aman.

Referensi

Boretti, A. (2010). Coupling of a KERS Powertrain and a 4 Litre Gasoline Engine for Improved Fuel Economy in a Full Size Car. https://doi.org/10.4271/2010-01-2218

Satria, D., Haryadi, Arif, I. M. (2016). Rancang Bangun Frame Sepeda untuk Sistem Kinetic Energy Recovery System (KERS). Paper presented at the Seminar Nasional IENACO.

Sularso, Suga, K. (2004). Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.

Diterbitkan

2019-10-01

Cara Mengutip

Anwar, M., Yuliaji, D., & Pramono, G. E. (2019). RANCANG BANGUN PLANETARY GEAR PADA SISTEM ENERGY RECOVERY BERDASARKAN PUTARAN GAYA NORMAL SPRING. AME (Aplikasi Mekanika Dan Energi): Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 5(2), 88–97. https://doi.org/10.32832/ame.v5i2.2470

Terbitan

Bagian

Articles