Inovasi Pembelajaran Sains dengan VR: Kolaborasi Virtual untuk Peningkatan Pemahaman

Penulis

  • Jarot Dian Susatyono Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Yuli Fitrianto Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Arie Atwa Magriyanti Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Abstrak

Kemajuan teknologi memberikan peluang besar dalam transformasi pendidikan, terutama dalam pembelajaran sains. Virtual Reality (VR) telah muncul sebagai teknologi potensial yang mampu mengubah cara siswa memahami konsep-konsep sains yang kompleks melalui pengalaman immersif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan VR dalam pembelajaran sains, khususnya dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui kolaborasi virtual. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan pre-test dan post-test yang melibatkan 60 siswa SMA. Kelompok eksperimen menggunakan perangkat VR, sementara kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan rata-rata pemahaman sebesar 26,37% dibandingkan dengan kelompok kontrol. Data observasi juga mengungkapkan bahwa siswa yang menggunakan VR lebih aktif berdiskusi, berkolaborasi, dan menunjukkan antusiasme lebih tinggi terhadap pembelajaran. Selain itu, visualisasi konsep-konsep abstrak seperti struktur atom dan fenomena astronomi yang disediakan oleh VR terbukti lebih efektif dalam membantu pemahaman siswa. Uji-t yang dilakukan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol dengan nilai . Studi ini menyimpulkan bahwa integrasi VR dalam pembelajaran sains tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep secara signifikan tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan bermakna. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi inovasi pendidikan, khususnya dalam mengadopsi teknologi VR untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

Susatyono, J. D., Fitrianto, Y., & Magriyanti, A. A. (2025). Inovasi Pembelajaran Sains dengan VR: Kolaborasi Virtual untuk Peningkatan Pemahaman. Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika, 13(1). Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/krea-tif/article/view/19252

Terbitan

Bagian

Articles