Inovasi Pembelajaran Sains dengan VR: Kolaborasi Virtual untuk Peningkatan Pemahaman
Abstrak
Kemajuan teknologi memberikan peluang besar dalam transformasi pendidikan, terutama dalam pembelajaran sains. Virtual Reality (VR) telah muncul sebagai teknologi potensial yang mampu mengubah cara siswa memahami konsep-konsep sains yang kompleks melalui pengalaman immersif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan VR dalam pembelajaran sains, khususnya dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui kolaborasi virtual. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan pre-test dan post-test yang melibatkan 60 siswa SMA. Kelompok eksperimen menggunakan perangkat VR, sementara kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan rata-rata pemahaman sebesar 26,37% dibandingkan dengan kelompok kontrol. Data observasi juga mengungkapkan bahwa siswa yang menggunakan VR lebih aktif berdiskusi, berkolaborasi, dan menunjukkan antusiasme lebih tinggi terhadap pembelajaran. Selain itu, visualisasi konsep-konsep abstrak seperti struktur atom dan fenomena astronomi yang disediakan oleh VR terbukti lebih efektif dalam membantu pemahaman siswa. Uji-t yang dilakukan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol dengan nilai . Studi ini menyimpulkan bahwa integrasi VR dalam pembelajaran sains tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep secara signifikan tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan bermakna. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi inovasi pendidikan, khususnya dalam mengadopsi teknologi VR untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jarot Dian Susatyono, Yuli Fitrianto, Arie Atwa Magriyanti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Biaya Publikasi
Jurnal Krea-TIF memiliki biaya publikasi Artikel, dengan
Biaya per Artikel : Rp 350.000
Bank Transfer : CIMB Niaga Syariah 761998938200 an GIBTHA FITRI LAXMI
Penulis diharuskan membayar biaya publikasi sebagai biaya pengajuan untuk berkontribusi dalam pembiayaan proses review dan editing.
*Jika Anda tidak memiliki dana untuk membayar biaya tersebut, Anda akan memiliki kesempatan untuk membebaskan setiap biaya. Kami tidak ingin ada biaya untuk mencegah publikasi karya yang layak. Melalui proses seleksi kelayakan tentunya.

.png)
.png)









