Aplikasi Sebaran Lokasi Wisata Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor Berbasis Android dengan Metode LBS

Penulis

  • Safaruddin Hidayat Al Ikhsan Teknik Informatika - Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Fety Fatimah Teknik Informatika - Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Riyan Saputra Irawan LPSE LKPP

DOI:

https://doi.org/10.32832/kreatif.v8i1.3502

Kata Kunci:

Wisata Nanggung, Android, LBS, Sebaran Wisata

Abstrak

Nanggung adalah salah satu Kecamatan di Kabupaten Bogor Barat yang memiliki banyak potensi wisata alam. Namun demikian wisata tersebut sebagian besar masih dinikmati masyarakat di sekitar wilayah Nanggung. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya media promosi keluar baik oleh Dinas Pariwisata setempat maupun pengelola wisata. Teknologi internet yang berkembang pesat saat ini dapat menjadi salah satu media penyebarluasan informasi wisata yang tidak menembus batas ruang dan waktu. Ikhsan (2019) telah melakukan penelitian dengan membuat prototipe sistem informasi wisata berbasis web untuk Wilayah Nanggung. Pada penelitian ini akan dibangun aplikasi mobile sebaran lokasi wisata di Wilayah Nanggung berbasis android dengan menerapkan algoritma Spherical Law of Cosinus (SLOC). Perangkat mobile memiliki akurasi penentuan lokasi yang lebih baik daripada perangkat lain seperti laptop karena adanya Global Positioning System (GPS). Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi android sebaran lokasi wisata di Wilayah Nanggung dengan menerapkan Metode Location Based Services (LBS). Metode LBS digunakan untuk menentukan lokasi pengguna aplikasi dengan memanfaatkan teknologi GPS pada smartphone. Tahapan yang akan dilaksanakan pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, analisis kebutuhan, analisis penerapan Metode LBS, perancangan, pembuatan program aplikasi, dan pengujian terhadap operasionalitas aplikasi yang akan dilakukan dengan Metode Black Box. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah aplikasi android sebaran lokasi wisata di Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor berbasis Android yang dapat dipergunakan untuk melihat sebaran lokasi wisata di Kecamatan Nanggung serta mengetahui rute menuju ke lokasi wisata yang ingin dituju.

Biografi Penulis

Safaruddin Hidayat Al Ikhsan, Teknik Informatika - Universitas Ibn Khaldun Bogor

Teknik Informatika

Fety Fatimah, Teknik Informatika - Universitas Ibn Khaldun Bogor

Teknik Informatika

Riyan Saputra Irawan, LPSE LKPP

LPSE LKPP

Referensi

S. H. A. Ikhsan, "Rancang Bangun Sistem Pariwisata Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor Berbasis Web,” vol. 7, no. 1, pp. 39–49, 2019.

I. Y. Supardi, Semua Bisa Menjadi Programmer Android Case Study. Elex Media Komputindo, 2014.

E. Susilo, B. S. Wa, and H. A. Fatta, "EVALUASI APLIKASI MOBILE SSP (SECURE SYSTEM OF PAYMENT) MENGGUNAKAN PRINSIP USABILITY,” SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Feb. 2017.

M. J. N. Yudianto, "Jaringan Komputer Dan Pengertiannya,” p. 10.

G. Svennerberg, Beginning Google Maps API 3. Apress, 2010.

R. Whitty, "The Spherical Law of Cosines,” Aug. 16, 2019. https://www.theoremoftheday.org/GeometryAndTrigonometry/SphericalCos/TotDSphericalCos.pdf (accessed Aug. 16, 2019).

B. Anwar, H. Jaya, and P. I. Kusuma, "Implementasi Location Based Service Berbasis Android Untuk Mengetahui Posisi User,” Jurnal Saintikom, vol. 13, no. 2, 2014.

S. Dharwiyanti and R. S. Wahono, "Pengantar Unified Modeling Language (UML),” Ilmu Komputer, pp. 1–13, 2003.

R. Miles and K. Hamilton, Learning UML 2.0: A Pragmatic Introduction to UML. O'Reilly Media, Inc., 2006.

E. Triandini and I. G. Suardika, Step by Step Desain Proyek Menggunakan UML. Penerbit Andi, 2012.

L. Li, W. Chou, W. Zhou, and M. Luo, "Design Patterns and Extensibility of REST API for Networking Applications,” IEEE Transactions on Network and Service Management, vol. 13, no. 1, pp. 154–167, Mar. 2016, doi: 10.1109/TNSM.2016.2516946.

"A MOBILE APPLICATION ACCESSING PATIENTS' HEALTH RECORDS THROUGH A REST API - How REST-Style Architecture can Help Speed up the Development of Mobile Health Care Applications:,” in Proceedings of the International Conference on Health Informatics, Rome, Italy, 2011, pp. 27–32, doi: 10.5220/0003129600270032.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-30

Cara Mengutip

Ikhsan, S. H. A., Fatimah, F., & Irawan, R. S. (2020). Aplikasi Sebaran Lokasi Wisata Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor Berbasis Android dengan Metode LBS. Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika, 8(1), 42–53. https://doi.org/10.32832/kreatif.v8i1.3502

Terbitan

Bagian

Articles