Positioning E-commerce Produk UKM berdasarkan Kebutuhan Afektif Pengguna

Penulis

  • Anik Nur Habyba Departemen Teknik Industri - Universitas Trisakti
  • Taufik Djatna Departemen Teknik Industri Pertanian, IPB University
  • Elisa Anggraeni Departemen Teknik Industri Pertanian, IPB University

DOI:

https://doi.org/10.32832/kreatif.v9i1.3590

Kata Kunci:

Desain afektif, postioning e-commerce, produk UKM

Abstrak

Pengembangan e-commerce untuk pemasaran produk UKM (Usaha Kecil Menengah) telah banyak dilakukan di Indonesia. Beberapa e-commerce telah dikembangkan oleh Pemerintah namun masih belum mampu meningkatkan penjualan produk UKM di daerah. E-commerce Produk UKM harus mampu bersaing dengan e-commerce lain yang sudah berhasil di pasaran. Salah satu cara e-commerce produk UKM untuk meningkatkan daya saingnya adalah dengan mengetahui posisinya di lingkungan pasar online Indonesia. Hal tersebut dapat menjadikan e-commerce produk UKM semakin baik dalam menarik minat konsumen. Pengguna e-comerce dewasa ini tidak hanya memilih e-commerce dari fungsinya tetapi juga kualitas afektifnya. Kualitas afektif berarti e-commerce dapat memuaskan pengguna secara emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi e-commerce produk UKM berdasarkan pendekatan kualitas afektif e-commerce. Multidimensional Scaling (MDS) digunakan untuk memetakan posisi e-commerce produk UKM dalam persaingan e-commerce di Indonesia. Hasil ekstraksi Kansei Words menggunakan Term Frequency Inverse Document Frequency (TF-IDF) dan Principal Component Analysis (PCA) adalah dua kata kansei (canggih dan terjangkau). Kedua kata ini digunakan untuk analisis posisi sebagai dimensi peta perseptual. Berdasarkan peta perseptual, e-commerces produk UKM sudah canggih tetapi tidak cukup terjangkau.

Biografi Penulis

Anik Nur Habyba, Departemen Teknik Industri - Universitas Trisakti

Dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Trisakti

Taufik Djatna, Departemen Teknik Industri Pertanian, IPB University

Departemen Teknik Industri Pertanian, IPB University

Elisa Anggraeni, Departemen Teknik Industri Pertanian, IPB University

Departemen Teknik Industri Pertanian, IPB University

Referensi

Badan Pusat Statistik, Statistik E-Commerce 2019. 2019.

N. S. Prameswari, M. Suharto, and N. Afatara, "Developing E-Commerce for Micro Small Medium Enterprise (MSME) to Cope with Cultural Transformation of Online Shopping,” J. Din. Manaj., vol. 8, no. 2, pp. 188–198, 2017.

K. I. dan Komunikasi, "UMKM Go Online Upaya Wujudkan Visi Digital Energy of Asia,” 2017. [Online]. Available: https://www.kominfo.go.id/content/detail/9514/umkm-go-online-upaya-wujudkan-visi-digital-energy-of-asia/0/berita_satker. [Accessed: 28-Nov-2017].

A. Khalid, O. Lee, M. Choi, and J. Ahn, "The effects of customer satisfaction with e-commerce system,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 96, no. 2, pp. 481–491, 2018.

Y. Chen, "Research on Optimized Design of Kansei Engineering-based Web Interface,” 2013.

A. N. Habyba, T. Djatna, and E. Anggraeni, "An affective e-commerce design for SMEs product marketing based on kansei engineering,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2018, vol. 337, no. 1.

A. N. Habyba, T. Djatna, and E. Anggraeni, "A System Analysis and Design for SMEs Product Presentation on E-commerce Website based on Kansei Engineering (Case Study: SMEs Products of Ponorogo Regency),” in Advances in Intelligent Systems and Computing, 2018, vol. 739, pp. 20–29.

M. Nagamachi, "Kansei/Affective Engineering and History of Kansei/Affective Engineering in the World,” 2010, pp. 1–12.

S. Surovitskikh and B. Lubbe, "Positioning of selected Middle Eastern airlines in the South African business and leisure travel environment,” J. Air Transp. Manag., 2008.

C. H. Wen and W. Y. A. Yeh, "Positioning of international air passenger carriers using multidimensional scaling and correspondence analysis,” in Transportation Journal, 2010.

J. P. Verma, Data analysis in management with SPSS software. 2013.

D. D. Suhr, "Principal component analysis vs. exploratory factor analysis,” in SUGI 30, 2010, pp. 1–11.

N. Vasic, M. Kilibarda, and T. Kaurin, "The Influence of Online Shopping Determinants on Customer Satisfaction in the Serbian Market,” J. Theor. Appl. Electron. Commer. Res., 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-30

Cara Mengutip

Habyba, A. N., Djatna, T., & Anggraeni, E. (2021). Positioning E-commerce Produk UKM berdasarkan Kebutuhan Afektif Pengguna. Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 21–28. https://doi.org/10.32832/kreatif.v9i1.3590

Terbitan

Bagian

Articles