Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Berbasis Android

Penulis

  • Freza Riana Universitas Ibn Khaldun
  • Safaruddin Hidayat Al Ikhsan Universitas Ibn Khaldun
  • Fathur Rahman Makbul Universitas Ibn Khaldun
  • Fitrah Satrya Fajar Kusumah Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/krea-tif.v10i2.8510

Kata Kunci:

Augmented, Reality, Game, Pengenalan, Tanaman

Abstrak

Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi tidak dapat dihindari dalam pemanfaatannya di berbagai bidang termasuk di bidang pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan kemudahan penggunaan informasi bagi masyarakat harus diimbangi dengan alternatif aplikasi lokal yang dapat memberikan informasi yang bermanfaat. Salah satu aplikasi yang dikembangkan adalah aplikasi yang dapat memberikan informasi tentang berbagai jenis tanaman obat dan salah satu tren teknologi informasi yang dapat dimaksimalkan dalam mendukung proses belajar mengajar adalah penggunaan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR dapat menampilkan informasi berupa gambar dalam bentuk 2D atau 3D dan dilengkapi dengan fasilitas suara dan gambar. Dalam penelitian ini, akan dikembangkan aplikasi pengenalan tanaman dengan menggunakan teknologi AR. Aplikasi dapat dimanfaatkan pengguna untuk menampilkan informasi mengenai tanaman yang dapat dijadikan obat. Metodologi penelitian ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dengan menggunakan metode ini proses pengembangan aplikasi dapat dilakukan dengan penambahan fitur-fitur selama dalam pengembangannya. Pengembangan aplikasi AR dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Unity 3D dan hasil aplikasi dijalankan dengan menggunakan smartphone Android. Hasil penelitian berupa aplikasi AR yang dapat digunakan sebagai media untuk pengenalan tanaman yang dapat dijadikan obat. Simpulan dari penelitian ini diantaranya aplikasi dapat digunakan sebagai alternatif dalam pencarian informasi tanaman obat.

Referensi

Mangente, Geybi B., dkk. "Aplikasi Pengenalan Tanaman Obat Keluarga Khas Sulawesi Utara Menggunakan Teknologi Augmented Reality”, J. Tek. Inform., vol. 16, no. 1, pp. 77–86, 2021.

Lestari, Ria M., dan Sholeh, M. "Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Tanaman Obat Tradisional berbasis Augmented Reality dengan Menggunakan Studio.Gometa.io”, Semin. Nas. Multimed. Artif. Intell. SMAI, vol. 2021, p. 55, 2021.

Febriyandani, A., dkk. "Algoritma Fast Corner Detection dan Natural Feature Tracking Media Tumbuhan Berbasis Augmented Reality,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 1062–1076, 2021.

Muhidin, A., dan Adha, Fathur R. "Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Tanaman Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android” vol. 10, pp. 143–151, 2020.

Nurrisma, dkk. "Perancangan Augmented Reality dengan Metode Marker Card Detection dalam Pengenalan Karakter Korea”, Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 16, no. 1, p. 34, 2021.

Vitono, H., dkk. "Implementasi Markerless Augmented Reality Sebagai Media Informasi Koleksi Museum Berbasis Android”, Univ. Tanjungpura Pontianak, vol. 2, no. 4, pp. 239–245, 2016.

Borman, Rohmat I. dan Purwanto, Y. "Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak”, J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, p. 119, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-20

Cara Mengutip

Riana, F., Hidayat Al Ikhsan, S., Makbul, F. R., & Satrya Fajar Kusumah, F. (2022). Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Berbasis Android. Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika, 10(2), 68–78. https://doi.org/10.32832/krea-tif.v10i2.8510

Terbitan

Bagian

Articles