PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MENGHADAPI ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW

Authors

  • Saeful Abidin

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v3i2.1215

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Sejarah Indonesia tetang Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan penerapan suatu model pembelajaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XII TKJ A SMK Negeri 2 Bogor. (2) untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Perjuangan bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan di kelas XII TKJ A SMK Negeri 2 Bogor. (3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di Kelas XII TKJ A SMK Negeri 2 Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran koopertatif tipe jigsaw dapat menjadi variasi pembelajaran yang meningkatkan motivasi belajar bagi peserta didik sehingga telah terbukti berdampak meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas XII TKJ A SMK Negeri 2 Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 64 kemudian terjadi peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menjadi 72,5 pada siklus 1 dan 78,9 pada siklus 2

References

Arifin, Zaenal. 2014, Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Gulo, W. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajar, Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim et all. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. 2015. Sejarah Indonesia kelas XII Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Konstekstual. Bandung: Refika Aditama.

Kusnandar. 2011. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning, Jakarta: Grasindo.

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riyanto, Yatim, 2009. Paradigma Baru dalam Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif. Edisi 1. Jakarta: Persada Media Group.

Rusyan, A. Tabrani. (1996). Metode Pembelajaran. Jakarta: PT. Amanah Duta.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsepdan Makna Pembelajaran. Bandung : CV Alfabeta.

Sardiman, AM. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto.(2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.

Slavin, Robert. E. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. (1996) Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Balai Pustaka.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Supriawan, Dedi dan A. Benyamin Surasega. 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryosubroto. 2006. Metode Pengajaran di Sekolah. Yogyakarta: Amarta.

Syah, Muhibin. 2010. Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Usman, Muhammad, Uzer dan Setiyawati, Lilis. 1993. Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-undang no. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan Nasional. http://educare.e-fkinpula.net/index.phpoption=com.

Universitas Pendidkan Indonesia. 2007. Landasan Pendidikan. Bandung: Sub Koordinator MKDP.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Widoyoko, Eko Putro. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winkel, WS. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Ramaja Rosdakarya.

Downloads

Published

01-07-2018

How to Cite

Abidin, S. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MENGHADAPI ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 258–281. https://doi.org/10.32832/educate.v3i2.1215

Issue

Section

Artikel