MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASIS KENDARAAN RINGAN TENTANG PEMELIHARAAN/ SERVIS RODA DAN BAN MELALUI METODE PENUGASAN PROYEK DI SMK NEGERI 2 KOTA BOGOR

Authors

  • AGUS SUHERMAN SMK Negeri 2 Kota Bogor

Keywords:

Metode Penugasan Proyek, Hasil Belajar Peserta Didik, Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis Kendaraan Ringan.

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa ketika guru pengajaran praktik di Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan, disajikan agar para siswa memiliki pengetahuan dan ketrampilan kerja. Namun dalam kenyataannya berdasarkan pengalaman sebagai pengajar praktik Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Bogor, ternyata hasil belajar praktik siswa masih rendah. Ini terlihat dari hasil ujian siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada semester ganjil tahun 2014 -2015 pada kompetensi Dasar Pemeliharaan/servis roda dan ban yaitu dari 36 orang peserta didik hanya 9 orang (25%) yang memperoleh nilai diatas 75,00 (tuntas) yang diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) produktif yang ditetapkan. Sisanya 75% belum mampu mengusai tujuan pengajaran yang diharapkan. Tujuan Penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui metode penugasan proyek dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Pemeliharaan/ Servis Roda dan Ban; 2) Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Pemeliharaan/ Servis Roda dan Ban sebelum dan sesudah menggunakan metode penugasan proyek; dan 3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Pemeliharaan/ Servis Roda dan Ban sesudah menggunakan metode penugasan proyek. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII OA SMK Negeri 2 Kota Bogor Semester ganjil tahun pelajaran 2014-2015 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan dari bulan Juli sampai Desember 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pembelajaran demontrasi yang dilaksanakan terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi hasil pengamatan. Data yang diperoleh berupa hasil pengamatan aktifitas dan nilai tes pada siklus I dan hasil pengamatan aktifitas dan nilai tes pada siklus II .Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu membandingkan hasil pengamatan aktivitas dan nilai tes pada kondisi awal, hasil pengamatan pada siklus I dan hasil pengamatan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teoritik dan empiric melalui pembelajaran dengan metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi tentang memahami Dasar Pengukuran listrik di kelas XLA SMK Negeri 2 Kota Bogor tahun pelajaran 2015-2016

References

Dimyati dan Mujiono, (2002), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Holil dan Dwi Sunu Prioko, (2009), Wahana Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI kelas VI, Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Jauhar M. (2010), Implementasi Paikem, Jakarta: Prestasi Pusaka.

Musfiqon (2010), Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pusaka.

Muslihuddin (2010), Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan

Kelas dan Sekolah, Bandung: Rizqi Press.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, Standar Isi, Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, Standar Proses, Jakarta: Depdiknas.

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdiknas.

Downloads

Published

01-01-2019

How to Cite

SUHERMAN, A. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASIS KENDARAAN RINGAN TENTANG PEMELIHARAAN/ SERVIS RODA DAN BAN MELALUI METODE PENUGASAN PROYEK DI SMK NEGERI 2 KOTA BOGOR. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 25–43. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/EDUCATE/article/view/1684

Issue

Section

Artikel