UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERAWATAN KULIT WAJAH BERMASALAH DENGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUA

Diah Winarti

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran langsung dan media pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perawatan kulit wajah bermasalah dengan teknologi, , di kelas XII Kecantikan Kulit, semester 1 SMK Negeri 3 Bogor, tahun Pelajaran 2013 2014, dengan subyek siswa sejumlah 30 orang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan strategi siklus. Obyek penelitian dalam penelitian tindakan ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya pembelajaran. Dalam penelitian ini dibantu oleh guru yang berperan sebagai observer untuk mengamati pelaksanaan tindakan. Proses penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan, tiap pertemuan adalah 4 dan 6 jam pelajaran dengan waktu 1 jam pelajaran 45 menit.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran langsung dan media peembelajaran. Dapat dilihat dari data Siklus I untuk perolehan nilai rata-rata 72,07, dengan nilai terendah 60,8 dan nilai tertinggi 84,2. jumlah siswa yang mencapai KKM 40 %.
Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 75,98.dengan nilai terndah 64,8 dan tertinggi 84,8. jumlah siswa yang mencapai KKM 60 %. Setelah siklus III nilai rata-rata pengetahuan meningkat menjadi 84,97.dengan nilai terndah 75,2 dan tertinggi 92,2. jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 100%.
Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran langsung dan media pembelajaran i dapat meningkatkan keterampilan hasil belajar perawatan kulit wajah bermasalah dengan teknologi


Keywords


Pembelajaran Langsung, Media Pembelajaran, Audio-Visual.

Full Text:

PDF

References


Jihad, A dan Abdul Harris. 2013, Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Musfiqon. 2012, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Nanang dan Cucu. 2010, Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Redaksi Sinar Grafika. 2009, Undang-Undang Sisdiknas, Jakarta: Sinar Grafika.

Sanjaya, Wina. 2009, Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 7 times

Copyright (c) 2019 Diah Winarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter


 
View My Stats