Pengaruh Pembelajaran Konstruktivistik dengan Metode Problem Solving Terhadap Kreativitas Siswa MAN

Authors

  • Abdus Sholeh S2 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya
  • Sayiful S Bachri

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4974

Keywords:

Kostrutivistik, Problem Solving, Kreativitas.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran konstruktivistik dengan metode problem solving terhadap kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian Quasi Control Group Design (Desain Grup Kontrol Quasi) dengan metode berjenis Quasi Experimental (penelitian eksperimen semu). Penelitian ini dilakasanakan di MAN Bangkalan yang berjumlah empat kelas yang masing-masing kelas berjumlah 37 siswa. Keseluruhan penelitian untuk kelas eksperimen berjumlah 74 siswa sedangkan kelas kontrol berjumlah 74 siswa sehingga jumlah keseluruhan dari seluruh kelas menjadi 148 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tulis. Tes yang digunakan untuk mengetahui kreativitas siswa dengan menggunakan teknik analisis data yaitu normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes tulis. Untuk menguji pengaruh pembelajaran konstrutivistik dilakukan dengan dua analisa dengan uji beda dan uji t- test samples independent. Hasil dan analisis data yang diperoleh dengan nilai uji beda signifikansi denagn nilai sebesar 711,54 dan kelas kontrol 54,15. Kemudian hasil analisis yang diperoleh dari pengaruh pembelajaran konstruktivistik dengan metode problem solving terhadap kreativitas dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan setelah dilakukan uji t independent samples test bahwa pembelajaran konstruktivistik dengan metode problem solving berpengaruh terhadap kreativitas siswa.

 

References

V. DAFTAR PUSTAKA

Clarke D, Roche A. 2018. Using contextualized tasks to engage students in meaningful and worthwile mathematics learning. International Jurnal of Mathematical Behavior.

Indarwati, Desi. Dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Satya Widya, Vol.30. No. 1.

https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/107

Januzewski, A. & Molenda, M. 2008. Educational Technology. New York: Lawrence ErlbaumAssociates.

Khoirina, Maulidya. 2019.mPengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Di Mi Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Tesis FTK IAIN Tulung Agung.

Mustaji. (2018). Pembelajaran berbasis masalah suatu pendekatan pembelajaran konstruktivistik. Yogyakarta: Absolute Media.

Netianingsih, Rosi. 2011. Pembelajaran Fisika Melalui Konstruktivisme Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Konstruktivisme Pokok Bahasan Gerak Pendekatan Pokok Bahasan Gerak Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas Vii SMPN 4 Ungaran. Skripsi Jurusan FMIPA Universitas Negeri Semarang.

permendikbud Indonesia (2016). Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 20 Tahun 2016. https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/04/Permendikbud_Tahun2016_Nomor020_Lampiran.pdf

Pehkonen, Erkki. (1977). The state-of-art in mathematical creativity. PsychologyPublished 1997.https://www.semanticscholar.org/paper/The-state-of-art-in-mathematical-creativity-Pehkonen/76db1069f2fb111963aab809f15970d6c8018ede

Purnamawati, Palupi. 2011. Pengaruh Pendekatan Konstrutivisme Dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Skripsi FMIPA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ramadhani, Rahmi. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. JPPM Vol. 10 No. 2.

https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/viewFile/2032/1574

Riyanto. Yatim. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Siswono. Tatag.Y.E. (2018). Pembelajaran matematika berbasis pengajuan masalah dan pemecahan masalah. Bandung. PT. Rosdakarya.

Somakim, Azhar. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Volume 7 No. 2 Juli.

https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/992

Suryati, Wiwin.2017. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Palembang. Skripsi FTK UIN Raden Fatah Palembang.

Vale et al. 2012. Pattern Problem Solving Tasks as A Mean to Foster Creativity In Mathematics. Proceedings Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education vol 4

Downloads

Published

05-07-2021

How to Cite

Sholeh, A., Riyanto, Y., & Bachri, S. S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Konstruktivistik dengan Metode Problem Solving Terhadap Kreativitas Siswa MAN. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 44–51. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4974