Pengembangan Modul IPA Terapan Berbasis Problem Based Learning untuk Mendukung Pembelajaran Mandiri di SMK

Yayuk Sri Wahyu Endah Arini, Wawan Gunawan, Marianus Subandowo

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah menengah yang memberikan pendidikan untuk mempersiapkan siswa agar siap bekerja dengan bidang keahlian tertentu. Lulusan SMK diwajibkan memiliki ketrampilan praktek yang baik sehingga memerlukan pengalaman belajar yang nyata. Untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang nyata, siswa dilibatkan dalam pembelajaran berbasis permasalahan (PBL). Adanya pandemi memaksa diberlakukannya pembelajaran jarak jauh melalui jaringan (Daring) pada pembelajaran IPA di SMK. Pelaksanaan pembelajaran daring memiliki kendala-kendala seperti sulitnya memahami materi, tidak jelasnya instruksi pembelajaran, dan minimnya bimbingan dari guru dan orang tua. Solusi yang dapat dilakukan adalah pengembangan modul IPA untuk SMK. Model pengembangan yang dipilih adalah model Dick and Carey karena memiliki pendekatan sistem-prosedural yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPA Terapan yang berjenjang dan berurutan dan relevan dengan standar isi kurikulum 2013. Modul yang dikembangkan melalui uji coba ahli isi, ahli desain pembelajaran, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Seiring dengan proses uji coba dilakukan revisi terhadap modul. Hasil uji coba lapangan menunjukkan 85%( dari guru dan siswa) sehingga buku ajar berada dalam kualifikasi baik. Menurut ahli isi modul sangat baik dengan persentase kelayakan sebesar 89,7%. Berdasarkan penilaian ahli desain pembelajaran modul sangat baik dengan tingkat kelayakan sebesar 85,46%. Dari uji coba perorangan modul dinilai sangat baik dengan tingkat kelayakan 82,85%. Dari data uji coba kelompok kecil modul dinilai sangat baik dengan 81,11%. Berdasarkan uji coba lapangan yang melibatkan siswa dan guru IPA Terapan, modul dinilai sangat baik dengan persentase 85%.

Keywords


Pengembangan modul, IPA Terapan, Pembelajaran SMK,Problem Based-Learning, Pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Albana, A. S. (2020). Optimasi alokasi pasien untuk kasus COVID-19 wilayah Surabaya. JURNAL TECNOSCIENZA, 4(2), 181–200.

Alfiana, H., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Analisis Butir Tes Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pengetahuan Prosedural Grammar Bahasa Inggris. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran), 8(1), 12.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Arianta, I. N. T. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa. Inovasi Jurnal Guru.

Astuti, M. W., Hartini, S., & Mastuang, M. (2018). Pengembangan Modul IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 205.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction. Citeseer.

Ernawati, T., & Susanti, S. (2021). E-modul IPA 2 untuk Pembelajaran Mandiri di Masa Pandemi Covid-19. E-Journal Mercubuana, 3(1), 107–114.

Gunawan, W., Degeng, I. N. S., Utaya, S., & Sulton. (2019). The Improvement of Conceptual and Procedural understanding by Scaffolding with Responsiveness. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 7(5), 162–179.

Gustientiedina, G., Krismadinata, K., Jalinus, N., & Rahmat, R. (2020). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Kolaborasi Model Jigsaw dengan Model Problem-Based Learning. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(3), 43–51.

Hariyanto, S., & Suyitno, S. (2019). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Chasis Melalui Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) di SMK PN Purworejo. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 14(1), 58–67.

Hasibuan, M. P., Sari, R. P., & Setiawaty, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Pembentukan Habits of Mind Siswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(2).

Hayati, M. N., Supardi, K. I., & Miswadi, S. S. (2013). Pengembangan Pembelajaran IPA SMK Dengan Model Kontekstual Berbasis Proyek. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 2(1).

Juniar, A., Siregar, J., Silalahi, A., Suyanti, R. D., & Mistryanto, P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Berorientasi PBL (Problem Based Learning). Talenta Conference Series: Science and Technology (ST).

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2).

Mardetini, E., & Amrina, D. E. (2019). Pengembangan Buku Ajar Analisis Laporan Keuangan Berbasis Problem Based Learning. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 7(2).

Muldiani, R. F., Purwaningsih, S. S., Pratama, D., Suryani, A., Nuryuliyawati, S., Koesoemah, N. H., Agoes, F., & Widarti, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring IPA dan Matematika di SMK Peternakan Juara Subang Melalui Bantuan Alat Peraga dan Video Demonstrasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2).

Okmarisa, H., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2016). Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia.

Ramanta, D., & Widayanti, F. D. (2020). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 61–67.

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran dan Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Rohman, A., Mustaji, M., & Fatirul, N. A. (2021). Jurnal Inspirasi Pendidikan Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Sistem Bilangan Untuk Mendukung Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 11(1), 61–71.

Santoso, H. B., & Subagyo, S. (2017). Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI Di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, 5(1), 40–45.

Shadiqien, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Virtual Pembelajaran Daring Dalam Masa PSBB (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Produktif Siswa SMK Negeri 2 Banjarmasin). MUTAKALLIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1).

Shofiyah, N. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33–38.

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271.

Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Problematika pembelajaran daring dalam perspektif mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 100–115.

Widyastuti, I. N., Wiryokusumo, I., & Sugito. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Dengan Model Dick and Carey dan Menggunakan Concept Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Sampang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Education and Development.

Yetti, W., & Ahyanuardi, A. (2020). Pengembangan Modul E-Learning Berbasis LMS Sebagai Media Interaktif Pada Pelajaran Simulasi Dan Komukasi Digital. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(3), 81–88.

Yuniarti, N., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Vektor Berbasis Pembelajaran Elektronik. Edcomtech, 5(2), 162–169.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/educate.v6i2.5060

Article Metrics

Abstract view : 282 times
PDF - 84 times

Copyright (c) 2021 Yayuk Sri Wahyu Endah Arini, Wawan Gunawan, Marianus Subandowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.