MODEL LOKAKARYA (WORKSHOP) DALAM PENDIDIKAN PROFESI GURU

Authors

  • Syari fuddin

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.5109

Keywords:

Model Lokakarya, Pendidikan Guru dan Profesi Guru.

Abstract

Penelitian ini tentang desain model lokakarya yang didasarkan pada teori pembelajaran konstruktivis untuk pelaksanaan program pendidikan profesi di Program Studi S1 Pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian desain dan pengembangan model yang terdiri dari empat langkah yaitu; analisis kebutuhan, desain, pengembangan dan evaluasi, dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Validasi dan evaluasi model desain pembelajaran dilakukan dengan validasi internal, analisis data yang dihasilkan dari instrumen validasi ahli menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Validasi ahli dengan melibatkan dua pakar, yang terdiri dari ahli konten pembelajaran dan ahli di bidang desain pembelajaran. Validasi model dengan melibatkan ahli dengan metode kuesioner dan wawancara mendalam. Hasil desain lokakarya diberikan rekomendasi oleh ahli dapat digunakan untuk proses pembelajaran yang efektif, efisien dan sukses. Desain model berguna untuk pelaksanaan program pendidikan profesi guru.

References

Benny A. Pribadi (2010), Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Bruce Joyce, Marsha weil dan Calhoun (2009), Models of Teaching. Boston: Pearson Education Inc.

Budiana, H.R., Sjafirah, N.A. dan Bakti (2015), Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru Smpn 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis, Jurnal I.Vol. 4, No. 1, Mei 2015: 59 – 62 Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat ISSN 1410 – 5675 https://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/viewFile/9042/4064

Eka Prihatin Disas (2017) Analisis Kebijakan Pendidikan Mengenai Pengembangan Dan Peningkatan Profesi Guru, Jurnal Penelitian Pendidikan https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/viewFile/8251/5184 hal. 158

Fatimah Saguni (2019) Penerapan Teori Konstruktivis Dalam Pembelajaran Jurnal Paedagogia Vol. 8 No. 2 September 2019

Hanifa Zulfitri (2019) Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru, Lingua, jurnal bahasa & sastra, volume 19, nomor 2, juni. 130.

Hamzah B. Uno, Profesi Kependidikan (2010) "Problem, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara,

______________(2007) Model Pembelajaran Menciptakan Proses Pembelajaran Yang Kreatif dan Efisien. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

James Raumbaugh (2005), Object-Oriented Modelling and Design. Engelwood Clifs: Prenice Hall

N.K.A. Basunari1, I. B. P. Mardana2, I. N. P. Suwindra (2017). Strategi Pengelolaan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Fisika: Relevansinyaterhadap Upaya Pengembangan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, Vol. 7 No. 2 Tahun 2017p-ISSN : 2599-2554 (Print), e-ISSN : 2599-2562 (online) 163.

Nursalim, Mochammad (2015), Pengembangan Profesi Bimbingan & Konseling. Erlangga: Jakarta.

M. Atwi Suparman (2012), Desain Instruksional Modern, Jakarta: Erlangga

Miarso Yusufhadi, (1988). Survei Model Pengembangan Instruksional. Laporan Penelitian Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen DIKTI.

________, (2004). Survei Model Pengembangan Instruksional. Makalah Yang Dipresentasikan Sebagai Bahan Kuliah Di Universitas Negeri Jakarta.

________, (2007) Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Powell, R.G., & Powell, Dana., (2010). Classroom Communication and Diversity : Enhancing Instructional Practice 2ed. New York : Routledge

Reigeluth, Charles M. (2007) "Educational Systems Development and Its Relationship to ISD”, Instructional Technology, Past, Present, and Future”. Englewood, Colorado, USA, Libraries Unlimited, Inc.

Richey C Rita, The Theoritical and Conceptual Based of Instructional Design, London: Kogan Page, 1986.

________. The Legacy of Robert M. Gagne, Syracuse, New York: Clearninghouse on IT, 2000.

________. Desain and Development Research. New Jersey London: LEA Publishers, 2007.

Stephen P. Robins (1996), Organizational Behavior: Concepts, Controlversies, Applications. New York: Prentice Hall, Inc.

Sudirnan Siahaan (2010), Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustekkomdiknas

Thobroni (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sitem Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2015)

https://media.neliti.com/media/publications/77509-ID-proses-komunikasi-antara-guru-dengan-pes.pdf

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/viewFile/945/755

http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1640523&val=14324&title=penerapan%20teori%20konstruktivis%20dalam%20pembelajaran

Downloads

Published

29-07-2021

How to Cite

fuddin, S. (2021). MODEL LOKAKARYA (WORKSHOP) DALAM PENDIDIKAN PROFESI GURU. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 92–101. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.5109