Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Berbasis Kesehatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Literasi di SMP

Authors

  • Asrianti Asrianti Universitas Tadulako
  • Ade Nurul Izzati

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v1i1.5945

Keywords:

cerita fantasi, literasi kesehatan, bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan bahan ajar multimedia interaktif berbasis literasi kesehatan pada materi Bahasa Indonesia. Pengembangan bahan ajar tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat dan kreativitas siswa dalam belajar secara daring. Selain itu, dalam proses pembelajaran siswa dapat mendapatkan pemahaman mengenai literasi kesehatan yang diitegrasikan Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model APPED. Tahap-tahap penelitian yakni (1) analisis dan penelitian awal, (2) perancangan, (3) produksi, (4) evaluasi, dan (5) desiminasi. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan media pembelajaran bahasa Indonesia yang dikemas dalam bentuk video animasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan menggunakan dua variabel, yaitu (1) variabel penyusunan multimedia interaktif dan (2) variabel kesesuaian multimedia interaktif. Data yang diperoleh dikumpulkan kemudian dianalisis. Sedangkan hasil validasi pendapatan persentase alpha testing sebesar 92,5% oleh ahli materi, 92,5% oleh ahli instruksional, dan 87,8% oleh ahli media. Maka, menurut ketiga ahli tersebut dinyatakan valid dan tergolong pada kriteria penilaian "Sangat Baik”. Hasil pengujian beta testing untuk nilai pre- test rata-ratanya sejumlah 68 kemudian meningkat menjadi 90 di atas KKM untuk penilaian post-test. Sehingga telah dikatagorikan "Tuntas” serta disimpulkan bahwasannya produk Multimedia Interaktif  Berbasis Kesehatan lebih baik dan layak untuk dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

 

Author Biography

Asrianti Asrianti, Universitas Tadulako

Dosen Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Cahyani, Ine, M. Givi Efgivia. 2021. Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya di Kelas IX SMP Negeri 1 Ciampea Kabupaten Bogor.

Educate Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 6, No.1.

Coeckelbergh, M. (2020). The Postdigital in Pandemic Times: A Comment on the Covid-19 Crisis and its Political Epistemologies. Postdigital Science and Education, 2(3), 547–550. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00119-2.

Gómez-Salgado, J., Andrés-Villas, M., Domí­nguez-Salas, S., Dí­az-Milanés, D., & Ruiz-Frutos, C. (2020). Related Health Factors of Psychological Distress During the COVID-19 Pandemic in Spain. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(11), 3947. https://doi.org/10.3390/ijerph17113947.

Hasan, N., & Bao, Y. (2020). Impact of "e-Learning crack-up” perception on psychological distress among college students during COVID-19 pandemic: A mediating role of "fear of academic year loss.” Children and Youth Services Review, 118, 105355. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105355

Muthuprasad, T., Aiswarya, S., Aditya, K. S., & Jha, G. K. (2021). Students' perception and preference for online education in India during COVID -19 pandemic. Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100101. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2020.100101.

Tuma, F. (2021). The use of educational technology for interactive teaching in lectures. Annals of Medicine and Surgery, 62, 231- 235.https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.01.051.

UNESCO.2020.COVID-19 Educational Disruption and Response. https://en.unesco.org/themes/educationemergencies/coronavirus-school-closures.

Zimmerman, B. J. (2000). Self-Efficacy: An Essential Motive to Learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82–91. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1016.

Downloads

Published

04-12-2021

How to Cite

Asrianti, A., & Izzati, A. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Berbasis Kesehatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Literasi di SMP. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 15–23. https://doi.org/10.32832/educate.v1i1.5945

Issue

Section

Artikel