PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG LIMIT FUNGSI DI KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 7 KOTA BOGOR SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Authors

  • Fetty Rochmulyati

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v2i2.692

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika tentang Limit Fungsi. Oleh karena itu seorang pendidik perlu mempertimbangkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika tentang Limit Fungsi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2014-2015, (2) mengetahui proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang Limit Fungsi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2014-2015, (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang Limit Fungsi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2014-2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2014-2015. Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 53,4 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menjadi 70,4 pada siklus 1 dan 76,9 pada siklus 2

Downloads

Published

10-06-2017

How to Cite

Rochmulyati, F. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG LIMIT FUNGSI DI KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 7 KOTA BOGOR SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32832/educate.v2i2.692

Issue

Section

Artikel