MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG LUAS DAERAH DIANTARA DUA FUNGSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS XII BB SMK NEGERI 2 BOGOR SEMESTER 5 TAHUN PELAJARAN 2014

Authors

  • Supriyadi .

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v2i2.695

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika tentang penerapan integral terkhusus menentukan luas daerah diantara dua fungsi. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang penentuan luas daerah diantara dua fungsi di kelas XII BB SMK Negeri 2 Kota Bogor. (2) untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang penerapan integral terkhusus menentukan luas daerah diantara dua fungsi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share di kelas XII BB SMK Negeri 2 Kota Bogor. (3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang penerapan integral terkhusus menentukan luas daerah diantara dua fungsi setelah menerapkan model pembelajaran Think Pair Share di kelas XII BB SMK Negeri 2 Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XII BB SMK Negeri 2 Kota Bogor. Sebelum menerapkan model pembelajaran Think Pair Share hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 67,36 kemudian terjadi peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran Think Pair Share menjadi 76,53 pada siklus 1 dan 84,03 pada siklus 2.

Downloads

Published

10-06-2017

How to Cite

., S. (2017). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG LUAS DAERAH DIANTARA DUA FUNGSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS XII BB SMK NEGERI 2 BOGOR SEMESTER 5 TAHUN PELAJARAN 2014. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32832/educate.v2i2.695

Issue

Section

Artikel