PERSEPSI IBU RUMAH TANGGA TENTANG GIZI ANAK DENGAN TINGKAT TUMBUH KEMBANG ANAK

Asep Saepul Hamdi

Abstract


Tumbuh kembang sebenarnya adalah proses yang berbeda namun keduanya tidak berdiri sendiri, tetapi saling berkaitan. Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel, bersifat kuantitatif, dapat diukur menggunakan satuan panjang, berat dan ukuran kepala. Sementara perkembangan adalah bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi sel menjadi yang lebih kompleks. Tumbuh kembang sangatlah dipengaruhi oleh faktor genetik (dari anak itu sendiri) dan faktor lingkungan (dari orang tua, dll) Tiga tahun pertama kehidupan anak, merupakan masa yang sangat penting karena terjadi pertumbuhan fisik dan perkembangan (kecerdasan, ketrampilan motorik, mental, sosial, emosional) yang sangat pesat. Di usia inilah yang disebut “Golden Age”. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk memberikan nutrisi yang terbaik bagi anak sejak awal kehidupannya. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Dari perhitungan yang dilakukan terhadap jawaban responden, dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel persepsi ibu yang mempunyai anak balita tentang giji dengan variabel tumbuh kembang anak , yang diindikasikan oleh beberapa hal sebagai berikut :
Nilai r hitung sebesar 0,8191 dengan n = 50 jika dikonsultasikan pada taraf signifikasi 0,05 (5%), maka diperoleh harga rtabel sebesar 0,297 (terlampir), dimana rhitung (0,8191) > rtabel (0,297), berarti menunjukkan tingkat hubungan yang sangat kuat antara Persepsi Ibu Rumah Tangga Tentang Gizi Anak (variabel X) dengan Tingkat Tumbuh Kembang Anak (variabel Y). Dengan demikian H0 ditolak H1 diterima
Nilai thitung sebesar 9,89 dan jika di konsultasikan pada taraf 1 = 0,05 dengan dk/df = n – 2 = 50– 2 = 48, maka diperoleh nilai ttabel sebesar 2,01, dimana thitung (9,89) > ttabel (2,01). Berarti menunjukkan adanya hubungan yang sangat signifikan antara Persepsi Ibu Rumah Tangga Tentang Gizi Anak (variabel X) dengan Tingkat Tumbuh Kembang Anak (variabel Y). Tabel nilai “t” terlampir.
Harga koefisien determinasi (KD) sebesar 67,09% berarti besarnya hubungan Persepsi Ibu Rumah Tangga Tentang Gizi Anak terhadap Tingkat Tumbuh Kembang Anak dalam penelitian ini tergolong hubungan yang kuat Sedangkan sisanya 32,91% merupakan hubungan dari faktor-faktor lain seperti hubungan keadaan keluarga, kesempatan berkerja dan lain-lain.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 HEARTY