PENGARUH KEGIATAN PENYULUHAN TERHADAP KESEHATAN IBU HAMIL DI DESA MEKARJAYA KECAMATAN CIOMAS KABUPATEN BOGOR

Fenti Dewi Pertiwi

Abstract


Dalam rangka peningkatan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat dalam memenuhi syarat kehidupan sehat, sangat diperlukan pembinaan-pembinaan kepada masyarakat oleh lembaga pembina seperti Puskesmas yang dilakukan secara terus-menerus melalui petugas-petugas lapangan, baik dengan pola penyuluhan maupun pendekatan-pendekatan lain yang secara efekfit dapat mengubah tindakan dan prilaku masyarakat kearah kehidupan sehat. Dalam Undang-Undang Kesehatan No. 23 Tahun 1992 alinea 2, disebutkan bahwa : Pembangunan kesehatan sebagai salah satu upaya pembangunan nasional diarahkan guna tercapainya kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.
Adapun hasil penelitian ini menunjukan. Pengaruh Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Terhadap Kesehatan Ibu Hamil di Desa Mekarjaya Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor , dinyatakan sangat kuat, dan dari perhitungan yang dilakukan dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa hipotesis penelitianini diterima, karena didasarkan pada Nilai r hitung sebesar 0,908 yang dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf nyata 0,05 diperoleh r tabel sebesar 0,329 menunjukkan r hitung (0,908) > r tabel (0,329) yang berarti H0 diterima dan H1 ditolak.
Nilai t hitung sebesar 12,635 > dari nilai t tabel sebesar 1,694 berarti hipotesis penelitian diterima, diman r hitung > r tabel.
Harga Koefisien Determinasi (KD) yang diperoleh yaitu sebesar 82,40% berarti bahwa pengaruh Variabel X (penyuluhan kesehatan) terhadap Variabel Y (kesehatan ibu hamil) sebesar 82,40%, sedangkan pengaruh faktor-faktor lain adalah 17,60%


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 HEARTY