HUBUNGAN SIKAP DENGAN PENGALAMAN (BULLYING) PADA SISWA SMKN 2 KOTA BOGOR

Fenti Dewi Pertiwi, Siti Nuraeni Nurdiana

Abstract


Sekolah adalah tempat bagi anak untuk belajar dan menimba ilmu, serta membantu pembentukan karakter positif pada anak hingga dewasa. Kenyataannya, akhir-akhir ini sering terjadi tindak kekerasan, baik yang
dilakukan oleh guru pada siswa, maupun yang dilakukan oleh sesama siswa, Salah satu komponen munculnya perilaku kekerasan (bullying) adalah sikap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat
hubungan antara sikap dengan pengalaman kekerasan (bullying) di siswa SMK Negeri 2 Kota Bogor tahun 2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional dengan
pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 responden dengan teknik simple random sampling. Alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik
menggunakan uji Chi-square. Simpulan dalam penelitian ini Terdapat hubungan antara sikap dengan pengalaman kekerasan (bullying) pada siswa di SMK Negeri 2 Kota Bogor dengan kategori sebagai korban bullying, dan sebagai pelaku kategori pelaku bullying, namun tidak terdapat hubungan antara sikap dengan
pengalaman siswa yang menjadi pelaku sekaligus korban.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32832/hearty.v7i1.2298

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 HEARTY


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Gedung H.M. Kahfi Universitas Ibn Khaldun Bogor Lt. IV

Jl. K.H. Sholeh Iskandar Km.2 Bogor, Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax (0251) 7553165

 

 

 

View My Stats

Flag Counter