ANALISIS ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA DALAM MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PERUSAHAANASURANSI YANG GO PUBLIC

Suci Yulyawati, Immas Nurhayati, Diah Yudhawati

Abstract


Penelitian dengan judul Analisis Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) Dalam Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi yang Go Public ini bertujuan (1) mengetahui kinerja keuangan perusahaan jika dukur dengan menggunakan metode Economic Value Added (EVA); (2) mengetahui kinerja keuangan perusahaan jika dukur dengan menggunakan metode Market Value Added (MVA). Periode yang digunakankan adalah periode 2013 – 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan asuransi yanggo public periode 2013-2017. Metode pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling maka jumlah sampel penelitian ini sebanyak dua perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) perolehan Economic Value Added (EVA) PT. Asuransi Bina Dana Arta Tbk dan PT. Lippo General Insurance Tbk pada umumnya mampu memberikan nilai tambah ekonomis bagi perusahaan dilihat dari EVA yang positif, meskipun PT. Lippo General Insurance Tbk sempat mengalami nilai EVA yang negatif pada tahun 2016 namun pada tahun selanjutnya terus menunjukan kinerja keuangan yang membaik (2) PT. Lippo GeneralInsurance Tbk dan PT. Asuransi Bina Dana Arta Tbk periode 2013 sampai 2016 mampu menghasilkan nilai MVA yang positif sehingga kedua perusahaan tersebut dinyatakan mampu menambah nilai pasar perusahaan serta menciptakan kekayaan bagi para pemegang saham (investor).

Keywords


Economic Value Added (EVA); Market Value Added (MVA); kinerja keuangan.

Full Text:

PDF

References


Firda Widdiana Rahmat. (2016). Analisis komparatif kinerja keuangan dengan menggunakan metode EVA (Economic value added) dan MVA (market value added), (studi kasus PT. Astra Lestari Tbk, dan PT. London Sumatra Indonesia Tbk. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Ibn khaldun, Bogor

Iswandira, A., Nurhayati, Immas, & Titing Suharti. (2015). Analisis economic value added (eva) dan market value added (mva sebagai alat untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan pt.indofood sukses makmur tbk. Inovator, 4(1). Diambil dari http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/INOVATOR/article/view/648

Fahmi, I. (2015). Analisis Laporan keuangan. Bandung: Alfabeta.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT rajaGRafindo persada.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen. Erlangga.

Sutrisno. (2012). Manajemen Keuangan teori, konsep dan aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Young, S. D., & O’byrne, S. F. (2001). EVA manajemen berdasarkan nilai. Jakarta: PT salemba Emban Patria.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/manager.v3i3.3912

Article Metrics

Abstract view : 343 times
PDF - 451 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Suci Yulyawati, Immas Nurhayati, Diah Yudhawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.