PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK TENTANG BERBICARA DI KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 7 KOTA BOGOR

Authors

  • M.TH. Rostiati SMA Negeri 7 Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v7i1.1002

Abstract

Penelitian ini diawali dengan adanya fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik tentang berbicara. Oleh karena itu guru perlu mempertimbangkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris tentang berbicara di kelas XI MIPA 4 SMA NEGERI 7 Kota Bogor semester 1 tahun 2015-2016; (2) Menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris tentang berbicara melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share di kelas XI MIPA 4 SMA NEGERI 7 Kota Bogor semester 1 tahun 2015-2016; (3) Mengukur seberapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris tentang berbicara melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share di kelas XI MIPA 4 SMA NEGERI 7 Kota Bogor semester 1 tahun 2015-2016.
Dari hasil pembelajaran berbicara menggunakan tipe think-pair-share, dapat disimpulkan bahwa tipe tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA NEGERI 7 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor pada keterampilan berbicara. Nilai terendah pada pra siklus adalah 60 kemudian meningkat menjadi 65 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 79 pada siklus II. Selanjutnya nilai tertinggi pada pra siklus adalah 92 kemudian meningkat menjadi 96 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 100 pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa tipe think-pair-sharecocok untuk diterapkan pada kompetensi dasar berbicara. Selain peningkatan rata-rata nilai peserta didik, penerapan tipe think-pair-share pada pembelajaran kompetensi dasar berbicara juga dapat meningkatkan persentase ketuntasan belajar peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pada pra siklus hanya 33% atau 9 peserta didik yang nilainya di atas KKM yang telah ditetapkan, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 52% atau 14 peserta didik yang nilainya di atas KKM dan pada ahirnya pada siklus II menjadi 100%, artinya 27 peserta didik mencapai nilai dan atau melampui nilai KKM.

Downloads

Published

2018-01-01

How to Cite

Rostiati, M. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK TENTANG BERBICARA DI KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 7 KOTA BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v7i1.1002

Issue

Section

Artikel