MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA TENTANG LISTRIK DINAMIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DI KELAS XII IPA-1 SMA NEGERI 7 KOTA BOGOR

Authors

  • Nurjanah . SMA Negeri 7 Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v7i1.1003

Abstract

Penelitian ini diawali dengan adanya fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Fisika tentang materi Listrik Dinamis. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan model pembelajaran Discovery sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui model pembelajaran Discovery pada mata pelajaran Fisika tentang Listrik Dinamis di kelas XII IPA-7 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester I tahun pelajaran 2016/2017 (2)menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fisika tentang Listrik Dinamis di kelas XII IPA-1 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester I tahun pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran Discovery (3) mengukur seberapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fisika tentang Listrik Dinamis di kelas XII IPA-1 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester I tahun pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran Discovery.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas kelas XII IPA-1 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester I tahun pelajaran 2016/2017. Sebelum menggunakan model pembelajaran Discovery ini hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 70,03 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Discovery menjadi 77.78 pada siklus 1 dan 82,70 pada siklus 2.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan model pembelajaran Discoverydisosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Fisika di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.

Downloads

Published

2018-01-01

How to Cite

., N. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA TENTANG LISTRIK DINAMIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DI KELAS XII IPA-1 SMA NEGERI 7 KOTA BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v7i1.1003

Issue

Section

Artikel